Berita Analisa Saham IHSG ndonesia

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Dalam rangka ekspansi bisnis PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), ANTM baru saja berhasil memiliki 100% saham PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA) setelah melakukan aksi pembelian 20% saham  Showa Denko K.K (SDK) Jepang senilai USD $1.00 (Nilai transaksi dalam perjanjian).

“Akusisi 20% saham ini adalah bagian dari  restrukturisasi kerja sama antara ANTM dengan SDK. Perusahaan bangga apat menyelesaikan rangkaian proses pembelian keseluruhan saham PT ICA yang merupakan bagian dari proses negosiasi dan evaluasi menyeluruh yang dilakukan oleh kedua belah pihak terkait dengan restrukturisasi kerja sama patungan di PT ICA.” ujar Dimas Wikan Pramudhito, Direktur Keuangan Antam.

“Penandatanganan SPA ini merupakan komitmen perusahaan dalam rangka memperkuat portofolio produk hilir ANTM yakni alumina, serta optimalisasi pabrik chemical grade alumina (CGA) dalam rangka menghasilkan produk yang berkualitas.” tambah Dimas.

ANTM dan SDK telah menyelesaikan semua kewajiban sesuai dengan proporsi kepemilikan saham sebagaimana yang tertuang dalam Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) yang telah ditandatangani pada 29 Mei 2018 lalu.

Inti dari kesepakatan dalam CSPA meliputi pembayaran kewajiban kepada kreditur, kewajiban pajak, pengelolaan lingkungan, perbaikan pabrik, serta pemberian paten SDK kepada PT ICA untuk proses produksi dan produk yang telah terdaftar di 36 negara.

ANTAM akan menguasai pabrik CGA Tayan yang dioperasikan oleh PT ICA dimana pabrik berbasis proses bayer dengan fasilitas kalsinasi ini dapat menghasilkan produk CGA yang merupakan komponen elektronik seperto: penjernih air, refractories, abrasives, produk bangunan, Integrated Circuit (IC), dan bahan untuk LCD screen. Hasil Produk PT ICA ini telah diekspor ke Jepang, Korea Selatan dan Turki.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news