Beranda OPINI 3 Jenis ASET yang AKAN MEMBUAT ANDA MENJADI KAYA RAYA !!

3 Jenis ASET yang AKAN MEMBUAT ANDA MENJADI KAYA RAYA !!

0
3 Jenis ASET yang AKAN MEMBUAT ANDA MENJADI KAYA RAYA !!

Kali ini, saya akan membahas masalah pendidikan finansial. Itu yang anda sukai, bukan? Yaitu : “3 Jenis ASET yang AKAN MEMBUAT ANDA MENJADI KAYA RAYA !!”. Di artikel kali ini, anda jangan berpikir bahwa aset itu hanya uang. Kali ini, saya tidak akan membahas tentang uang. Ternyata ada beberapa aset. Saya menemukan, ada tiga aset. Jika tiga aset ini anda miliki, hal itu justru akan membuat uang mengejar anda.

Yang pertama adalah aset intelektual. Loh, kok bisa? Begini ya.., saya beri tahu. Anda boleh miskin. Anda boleh tidak punya uang. Anda boleh hari ini belum punya penghasilan, belum punya pekerjaan. Tetapi, aset intelektual itu ada di otak anda. Dan itu milik kamu seumur hidup! Bukan milik teman kamu, bukan milik guru kamu, bukan milik orang tua kamu, bukan milik anak kamu, dan bukan milik istri kamu. Tetapi milik kamu. Aset intelektual ini adalah the most important thing. Orang boleh jatuh bangkrut. Tetapi selama dia punya skill, tidak lama lagi, 2-3 tahun hidupnya akan bangkit lagi. Anda punya skill, misalkan montir. Tidak masalah misalkan hari ini anda jatuh bangkrut. Tidak lama lagi, anda pasti bisa mengasah kemampuan anda. Dan tidak lama kemudian, aset intelektual anda yang akan mendatangkan uang untuk anda.

Sebelum anda punya aset harta, sebelum anda punya aset uang, aset intelektual harus anda miliki. Ini penting. Anda punya kemampuan menulis, contohnya. Anda punya kemampuan menyanyi, contohnya. Anda punya kemampuan menjual, contohnya. Itulah aset intelektual anda. Dan hal itu jauh lebih penting daripada aset harta. Sekali lagi, anda jangan berpikir bahwa aset itu hanya harta. Tidak. Itulah yang pertama, aset intelektual.

Yang kedua, khususnya untuk anak muda. Jadi, mohon maaf bagi anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Bukan berarti saya mengecil artikan anda. Tetapi, anda sudah hampir kehilangan aset ini. Karena itulah bagi anda yang berusia 40 tahun ke bawah, anda baca artikel ini. Tolong, ini penting. Karena ini adalah aset yang paling penting dan tidak akan kembali ketika anda sudah berusia 40. Yaitu aset fisik. Fisik itu maksudnya apa? Anda punya tenaga yang ekstra super power. Khususnya adik-adik yang masih berusia 15 tahun, 18 tahun, 25 tahun, 30 tahun. Anda itu punya kekuatan fisik yang tidak dimiliki oleh orang tua. Betapa banyak orang tua yang menyesal karena waktu mudanya ia tidak bekerja keras. Aset fisik ini tidak akan pernah kembali. Berapa banyak orang tua yang sekarang menghabiskan banyak biaya ke dokter, mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli kesehatannya di masa muda? Tidak bisa.

Karena anak muda punya satu aset yang sangat-sangat luar biasa, yang tidak dimiliki oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas. Yaitu aset fisik. Anda itu bisa melakukan apapun. Bekerja keraslah. Jangan menghabiskan masa muda anda hanya dengan membuang-buang waktu. Aset ini tidak akan kembali. Coba kalau orang berusia 40 ke atas gak tidur sehari, gak tidur 2 hari. Besoknya tumbang, kena infus. Ya ‘kan? Jadi artinya, aset fisik itu tidak akan kembali. Oleh karena itu, anda harus all out. mati-matian. Karena itu aset anda yang tidak akan kembali. Karena fisik orang berusia 30 dengan 20 itu berbeda. Anda ‘kan belum pernah berusia 30, yang baca artikel ini. Beda. Kalau gak percaya, buktikan. Orang tua kamu sudah gak sekuat dulu. Itu sudah fakta. Dan celakanya, anda di usia 20 tidak berusaha mati-matian. Gak kerja all out. Padahal anda punya aset fisik yang tidak akan pernah kembali. Itu poin yang kedua.

Yang ketiga, sekali lagi bukan aset harta. Yaitu aset kejujuran. Ini dia.., aset kejujuran. Begini.. Waktu masih berusia 17-18, kejujuran itulah yang paling penting. Yang paling sulit dibeli adalah kejujuran. Jika anda hari ini tidak jujur, maka anda akan susah dipercaya orang. Dan orang itu suka memakai orang yang jujur. Jadi anda diserahi uang berapa, kembali berapa. Anda diserahi tanggung jawab berapa, anda tidak pernah korupsi waktu. Anda diserahi jawaban, dan anda tidak tergiur. Karena aset kejujuran itu adalah yang utama. Kamu boleh jatuh bangun di usia muda. Tetapi, kejujuran inilah yang paling sulit diraih. Anda tidak boleh berbohong. Kalau mampu, bilang mampu. Kalau gak mampu, ya bilang tidak mampu.

Bicara soal kejujuran, ini adalah sebuah aset yang amat sangat-sangat penting dibandingkan dengan aset yang lain. Karena apa? Bisnispun juga perlu kejujuran. Kalau anda gagal, bangkrut di bisnis, itu biasa. Yang terpenting, anda harus jujur. Maka, jalan pasti akan terbuka. Karena apa? Di zaman sekarang mau mencari orang jujur itu tidak mudah. Tetapi, buktikan bahwa anda adalah orang yang ‘tidak mudah’ itu. Buktikan bahwa anda adalah satu-satunya di antara semua teman yang tidak jujur. Jika hari ini anda melihat orang lain sukses, maju, kaya raya, it’s okay. Gak usah panas. Anda harus melihat yang di bawah. Maka anda akan menemukan rasa syukur. Banyak teman anda yang hidupnya jauh lebih parah daripada anda. Yang tidak lebih beruntung daripada anda.

Kejujuran ini akan menjadi aset yang sangat berharga kelak. Anda tidak merasakannya sekarang. Tetapi, anda akan merasakannya 5-10 tahun dari sekarang. Niscaya ketika anda hidup di masa sulit, ketika orang itu jujur, maka pasti rezekinya akan lancar. Aset ini jangan sampai hilang seumur hidup anda. Karena aset kejujuran ini akan menentukan kapasitas anda kelak. Hidup anda lain kali bisa enak atau tidak, itu tergantung dari apakah anda mau jujur atau tidak. Dan jujur yang nomor satu adalah jujur pada diri sendiri. Jangan bohong pada diri sendiri. Anda bisa membohongi orang lain, membohongi orang tua, membohongi adik, membohongi saudara. Tetapi, jangan membohongi diri sendiri. Karena mindset inilah yang paling berat. Mengatur mindset.

Jadi bicara soal mindset bohong pada diri sendiri itu seperti ini.. ‘Saya sih hari ini maunya hidup sehat. Badan sehat’. Push up dong 25 kali..! Enggak ah.. 20 kali sudah cukup’. Itulah yang dimaksud bohong pada diri sendiri. Tetapi, anda mau mendapatkan hasil dari yang 25 kali. Mana bisa..! Karena anda tidak jujur. Jadi, aset kejujuran itu yang paling utama. Kalau tidak punya uang, ngomong. Tapi, anda punya kejujuran. Anda punya skill.

Jadi sahabat, saya ingin berpesan kepada anda. Tiga aset inilah yang paling utama dibandingkan dengan aset harta. Harta itu bisa pergi dan hilang demikian cepat. Tetapi dengan ketiga aset ini, walaupun anda tidak punya harta, itu tidak masalah. Tidak lama lagi, harta itu akan datang.

Itulah pembahasan mengenai 3 Jenis ASET yang AKAN MEMBUAT ANDA MENJADI KAYA RAYA !!. Semoga bermanfaat ya