35% Saham Bahana Artha Ventura Akan dimiliki BBRI

SAHAM.NEWS, JAKARTA –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk nantinya akan menjadi pemegang saham 35% perusahaan modal ventura milik PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) yaitu PT Bahana Artha Ventura.

“Pihak BRI akan melakukan penyertaan modal dalam Bahana Artha Ventura melalui penerbitan saham baru,” Ujar Hari Siaga, Sekretaris Perusahaan BRI.

BPUI akan menjadi pemegang saham mayoritas BAV sebesar 99,45% saham BAV dan 0,55% lainnya oleh Koperasi Karyawan BPUI.

“BRI, BPUI dan BAV telah menandatangani Perjanjian Pemesanan Saham Bersyarat (PPSB) pada tanggal 9 November 2017, Pihak BRI sepakat untuk memesan saham baru yang diterbitkan oleh BAV, sehingga BRI akan memiliki 35% saham BAV,”

Dan karena nilai transaksinya tidak melebihi 20% dari ekuitas BRI maka tidak termasuk transaksi material sebagaimana yang dimaksud dalam Peraturan No.IX.E.2 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha Utama.

Berdasarkan sumber situs resmi, Bahana Artha Ventura adalah Multifinance yang berfokus kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hingga Saat ini Bahana Artha Ventura telah memberikan pinjaman sekitar 54.000 mitra UMKM dengan total pembiayaan setara Rp9 triliun yang dampaknya adalah lapangan kerja sebanyak 2,1 juta orang.