Beranda Press Release 5 Cara Tepat Menjaga Kebersihan Air Di Rumah

5 Cara Tepat Menjaga Kebersihan Air Di Rumah

0
5 Cara Tepat Menjaga Kebersihan Air Di Rumah
Berita Analisa Saham IHSG ndonesia

Sebagai sumber kehidupan manusia, kebersihan air perlu dijaga mengingat air bersih jelas sangat dibutuhkan. Namun dari waktu ke waktu, air semakin tercemar akibat limbah dimana-mana. 

Dengan demikian jagalah kebersihan air Anda karena air bersih mahal harganya. Tentunya, Anda tidak ingin minum atau memasak dari air kotor akibat tidak telaten menjaga kebersihan air, bukan? Oleh karena itu, lakukan 5 cara ini agar kebersihan air di rumah Anda tetap terjaga:

  1. Jangan Sembarangan Membuang Apapun Pada Saluran Air 

Salah satu hal yang tidak di sadari dapat mengotori air adalah ketika sembarangan membuang sampah, limbah rumah tangga, bahan kimia dan lain-lain di sekitar saluran ini. Hal ini dapat merusak ekosistem mengingat tanah sulit mengurai limbah dan bahan kimia. Inilah yang akan membuat kebersihan air juga ikut tercemar karenanya. 

Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak membuang limbah rumah tangga seperti cat, atau bahan kimia seperti bekas oli, bekas minyak goreng serta bahan lainnya yang sulit di urai oleh tanah. Jika air di rumah Anda berasal dari teknologi pengolahan water treatment Indonesia yang paling canggih sekalipun tidak akan ada gunanya jika saluran air yang digunakan tercemar oleh sampah.

  1. Biasakan Mengubur Sampah dan Kotoran Hewan Peliharaan

Selain tidak membuang apapun di sekitar saluran air, Anda juga perlu memastikan kebersihan lingkungan rumah Anda dengan membiasakan diri mengubur dan membakar sampah. Sediakan tempat khusus untuk sampah Anda yang cukup jauh dari saluran air. 

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, rutinlah mengubur kotoran yang juga jauh dari saluran air. Dengan demikian kestabilan air bersih Anda tetap terjaga dan tidak akan bau.  

  1. Tanamlah Banyak Pohon Disekitar Rumah Anda

Air bersih sangat mudah ditemukan pada area yang terdapat banyak pohon disekitarnya. Hal ini dikarenakan pohon baik bagi kesehatan ekosistem air. Selain itu, daun pada pohon dapat menyerap polusi yang juga menjaga kebersihan air. Dengan demikian, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan air Anda adalah dengan menamam banyak pohon disekitar rumah. 

  1. Ajak Tetangga Anda untuk Mengadakan Penyuluhan Kebersihan Lingkungan Bersama 

Kebersihan air tidak hanya bergantung pada kebersihan rumah sendiri, tetapi juga kebersihan di lingkungan sekitar yang akan semakin mendukung banyaknya air bersih yang mengalir. Jika Anda sudah berusaha menjaga saluran air dan selokan sekitar rumah, tetapi tetangga Anda tetap membuang sampah sembarangan di sekitar rumah Anda, tentu lingkungan pribadi akan tetap ikut tercemari bukan?

Dengan demikian ajaklah tetangga Anda untuk mengadakan penyuluhan kebersihan lingkungan bersama secara rutin. Cara ini tentunya akan lebih menyehatkan keluarga Anda dan orang-orang sekitar Anda. 

 

  1. Tidak Boros pada Saat Menggunakan Air

Air tentunya tidak akan selalu tersedia banyak khususnya pada musim kemarau. Dengan demikian untuk jaga-jaga, pastikan Anda tidak boros menggunakan air bersih Anda. Menggunakan krain air tertentu juga dapat menghemat air, seperti pemakaian kran cuci piring dari bahan polymer yang awet dan tekanan air yang lebih kuat, sehingga lebih bersih. 

 

Menjaga kebersihan air sebenarnya merupakan tanggung jawab bersama. Dengan demikian ajaklah suami/istri dan anak-anak Anda serta masyarakat di sekitar Anda untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan rumah dan lingkungan sekitar agar kebersihan air tetap terjaga.