Adhi Karya dan KAI Kerjasama untuk Pembangunan Prasarana LRT

203
Adhi Karya dan KAI Kerjasama untuk Pembangunan Prasarana LRT

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Adhi Karya tbk (ADHI) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sepakat untuk melakukan kerjasama dalam Tata Cara Pelaksanaan Pembayaran atas Pembangunan Prasarana Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Kedua belah pihak telah melakukan penandatanganan atas perjanjian tersebut pada 22 Desember 2017 yang diwakili langsung oleh Zulfikri selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Harto selaku Direktur Utama ADHI dan Edi Sukmono selaku Direktur Utama KAI.

Adapun nilai kontrak yang disepakati dalam pembangunan Prasarana Penyelenggaraan LRT Jabodebek ini mencapai sebesar Rp22,827 miliar untuk pekerjaan pembangunan fase satu dengan tiga lintas pelayanan, yaitu Lintas Pelayanan I Cawang-Cibubur, Lintas Pelayanan II Cawang-KuninganDukuh Atas dan Lintas Pelayanan III Cawang-Bekasi Timur. Kalkulasi nominal tersebut belum termasuk perhitungan Interest During Construction (IDC) dan Interest During Payment (IDP).

Pembayaran LRT Jabodebek dilaksanakan oleh Pemerintah lewat KAI yang berdasarkan hasil progres pekerjaan yang telah diperiksa oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

Sebagaimana yang diketahui, LRT Jabodebek nantinya akan dioperasikan oleh KAI sebagai transportasi massal bagi masyarakat. Sampai dengan saat ini progress pelaksanaan pembangunan prasarana LRT di wilayah Jabodebek telah mencapai 26,9%. Untuk progres masing-masing lintas pelayanan yaitu Cawang-Cibubur 47,2%, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 12,7%, Cawang-Bekasi Timur 28,2% dan Depo 0,3%. Pembangunan inipun ditargetkan pemeringah rampung pada tahun 2019 mendatang.

Facebook Comments