Anak Usaha KIJA Terbitkan Global Bond US$110.85 juta

Anak Usaha KIJA Terbitkan Global Bond US$110.85 juta

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Anak usaha PT Jababeka Tbk (KIJA), Jababeka International BV, baru saja menerbitkan obligasi global atau global bond  dengan nilai US$110,85. Jika dikonversikan dengan menggunakan kurs tengah, maka jumlah tersebut equivalent dengan Rp1,47 triliun. Secara keseluruhan pinjaman itu terhitung sebesar 25,24% dari nilai ekuitas Perseroan berdasarkan Laporan Keuangan 30 Juni 2017.

Adapun tujuan penerbitan obligasi tersebut adalah untuk refinancing utang obligasi yang akan jatuh tempo pada tahun 2019 serta untuk melunasi utang perseroan lainnya. Selain itu, dana yang didapatkan dari penebitan obligasi juga akan dialokasikan untuk mendanai korporasi secara umum perseroan dan anak usahanya. Global bond tersebut memiliki jangka waktu pembayaran utang pokok hingga 2023 dengan jumlah pembayaran bunga per enam bulan. Bunga yang dikenakan adalah sebesar 6,50% per tahun.

Dilansir dari keterbukaan informasi yang beredari di Bursa Efek Indonesia, KIJA memaparkan bahwa Jababeka International BV hendak menyetorkan US$19,25 juta dari dana hasil global bond itu dalam kesepakatan share premium contribution agreement dengan Jababeka Finance B.V. Dengan nominal tersebut, Jababeka International BV akan mendapatkan tambahan kepemilikan 180 saham masing-masing bernilai nominal sebesar €100.

Perjanjian ini dibuat sehubungan dengan penegasan jumlah terhutang pada perjanjian pinjam meminjam antar perusahaan antara Jababeka Finance B.V. dengan KIJA terkait Obligasi 2019 sebesar US$35.06 juta. Penegasan ini dilakukan sehubungan dengan pelunasan Obligasi 2019 itu. Tempo pembayaran hutang terpokok akan jatuh pada tahun 2023 sedangkan bunga yang dikenakan dalam pinjaman ini adalah sebesar 7,82% per tahun.

Asal tau saja, Jababeka International BV merupakan anak usaha KIJA dengan kepemilikan penuh 100%, sedangkan Jababeka Finance BV merupakan entitas dibawah kepemilikan Jababeka International BV dengan kepemilikan penuh yang juga mencapai 100%. Jababeka Finance BV didirikan dengan berdasarkan hukum Belanda pada tahun 2012. Kantor pusat perusahaan berlokasikan di Gatwickstraat, Belanda.