Analis: Asian Games dan Pilkada Bisa Jadi Sentimen Positif Untuk Garuda Indonesia

Analis: Asian Games dan Pilkada Bisa Jadi Sentimen Positif Untuk Garuda Indonesia

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Banyaknya acara penting didalam negeri yang telah diagendakan pada tahun depan diperkirakan dapat  mendorong kenaikan pendapatan PT Garuda Indonesia tbk (GIAA).

Analis Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menyatakan bahwa perhelatan Asian Games dan Pilkada di beberapa daerah di Indonesia nampaknya bisa jadi sentimen positif untuk GIAA karena dapat mendorong kinerja usaha emiten pesawat terbang tersebut.

Asal tau saja, Indonesia memang akan menjadi tuan rumah pada acara olahraga tingkat Asia yang akan digelar pada bulan Agustus 2018 berpusat di Jakarta dan Palembang. Selain itu, tahun 2018 bisa dibilang juga akan menjadi tahun politik di Indonesia di mana akan ada ratusan Pilkada serentak diberbagai daerah yang dilaksanakan sekaligus dan menjadi pemanasan jelang Pilpres 2019. Hans juga menyatakan bahwa daya beli masyarakat pada tahun politik akan mengalami peningkatan sehingga memungkinkan dapat mendorong kinerja usaha GIAA.

Namun, GIAA masih harus menghadapi beberapa tantangan baik tantangan persaingan dengan maskapai lainnya yang menawarkan harga kompetitif, ataupun tantangan fluktuasi bahan bakar untuk pesawat. Harus diakui, GIAA memang menanggung biaya yang cukup besar dari segi bahan bakar karena bertransaksi dengan menggunakan mata uang dollar AS, sehingga ada tambahan beban kurs selain beban pokok. Terlebih muncul beberapa prediksi bahwa harga minyak dunia akan mengalami peningkatan pada tahun depan. Walaupun demikian, Hans mengatakan pergerakan harga minyak tersebut tidak akan memberikan dampak yang besar karena menurutnya harga minyak dunia akan bergerak cendrung flat.