Analis Jelaskan Mengapa IHSG Turun Tajam Hari Ini

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Direktur Investa Saran Mandiri, Hans Kwee, menyatakan bahwa terdapat faktor global penurunan indeks yaitu adanya kekhawatiran terhadap perang dagang antara China dan AS yang menjadi pusat utama para investor. Akan tetapi, Hans menambahkan bahwa langkah yang dilakukan oleh AS tersebut hanyalah gertakan AS kepada China seperti yang dialami oleh Korea Utara.

Hal ini membuat sebagian besar mata uang dunia melemah. Pada hari Rabu (20/6) tercatat bahwa terjadi penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG sudah mencatatkan penurunan sebesar 2,36% ke level 5.851 berdasarkan data RTI. Investor mengantisipasi respon dari Bank Indonesia terhadap kenaikan suku bunga The Federal. Pasar menduga BI akan kembali mengerek suku bunga pada Rapat

Dewan Gubernur, 28 Juni 2018. Kekhawatiran ini membuat investor masuk ke safe haven seperti yen dan dollar AS. Rentetan sentimen negatif itu memicu IHSG turun tajam di luar perkiraan sebelumnya. Prediksi Hans, support indeks di level 5.833 dengan resistance di 5.934.