Analis: Naiknya Rating BUMI Cerminkan Fundamental Lebih Positif

216
Analis: Naiknya Rating BUMI Cerminkan Fundamental Lebih Positif

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Setidaknya dua lembaga pemeringkatan asing telah menaikan rating PT Bumi Resources Tbk (BUMI) pasca rampungnya restrukturisasi utang yang dilakukan perusahaan tahun ini. Kenaikan rating pertama diberikan oleh Moody’s Investor Service yang menaikan rating emiten batu bara ini dari Ca menjadi B3. Tak hanya itu, S&P Global Ratings juga turut menaikan rating perseroan pekan ini dari D menjadi CCCC+. Dilansir dari Bloomberg, S&P bahkan menyatakan bahwa BUMI memiliki kemampuan untuk menyelesaikan kewajiban beban bunga selama 12 bulan karena didukung oleh harga batu bara yang baik.

BACA JUGA : Dua Lembaga Pemeringkat Sudah Menaikan Rating Bumi Resources

Menanggapi kejadian tersebut, Analis First Asia Capital, David Sutyanto mengatakan bahwa hal ini secara garis lurus mencerminkan keadaan fundamental BUMI yang lebih positif dibandingkan yang sebelumnya.

Namun, David menjelaskan bahwa hal tersebut tidak lantas mengecilkan resiko, karena rating yang diberikan terutama dari S&P Global Ratings masih berada di CCCC+. Resiko investasi ini perlu dijadikan pertimbangan jika pelaku pasar hendak membeli saham BUMI.

 

Sementara itu, secara teknikal Tasrul, analis Mirae Asset Sekuritas mengatakan bahwa saat ini harga saham BUMI telah berada dibawah level akumulasi sehingga memiliki potensi untuk naik ke level Rp280 dan level Rp292. Adapun resistance terdekat saham BUMI ada di level Rp 292 per saham. Adapun strong support ada pada level Rp 248 per saham.

 

Facebook Comments