10 Bidang Akuntansi yang Dapat Dipelajari Dengan Mudah

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Ilmu akuntansi merupakan ilmu yang sangat luas. Ilmu akuntansi tidak hanya mencakup sebuah bidang ilmu saja, melainkan ilmu akuntansi terbagi ke dalam berbagai cabang yang terpecah ke dalam beberapa bidang akuntansi.

Nah, dalam kaitannya dengan ilmu akuntansi, bidang akuntansi tersebut berkembang seiring dengan perkembangan industri, ekonomi, teknologi dan bidang yang lain yang ada kaitannya baik secara langsung atau secara tidak langsung. Secara umum, terdapat sekitar 10 bidang akuntansi yang dapat kita pelajari. Berikut apa saja bidang akuntansi yang dapat dipelajari tersebut!

10 Bidang Akuntansi yang Dapat Dipelajari

Financial accounting atau akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan sebenarnya merupakan suatu metode akuntansi yang melibatkan suatu metode pencatatan dan klasifikasi transaksi bisnis, juga menyiapkan dan menyajikan laporan keuangan untuk digunakan oleh pengguna internal dan eksternal.

Dalam penyusunan laporan keuangan di Indonesia, semua harus sesuai dengan standar akuntansi yang telah ditetapkan yaitu PSAK yang telah dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia dimana Akuntansi keuangan dalam prakteknya juga sangat berkaitan dengan upaya pemrosesan data historis dari sebuah perusahaan.

Managerial accounting atau akuntansi manajemen 

Akuntansi manajemen merupakan suatu bidang akuntansi yang berfokus atas penyediaan sebuah informasi untuk digunakan oleh pengguna internal perusahaan sebagai acuan atau indicator perilaku dan dasar pengambilan keputusan di masa yang akan datang.

Bidang akuntansi yang satu ini berkaitan dengan kebutuhan manajemen dan tidak ada kaitannya dengan standar akuntansi yang telah digunakan secara umum. Dalam akuntansi manajemen, melibatkan analisa keuangan, anggaran dan perkiraan, analisa biaya, evaluasi suatu keputusan bisnis dan juga berbagai hal lain yang berlaku tentang sebuah perencanaan.

Cost accounting atau akuntansi biaya

Akuntansi biaya mengacu pada suatu rekaman, presentasi dan analisa biaya produksi. Akuntansi biaya sangat berguna dalam suatu bisnis manufaktur karena bidang akuntansi ini memiliki proses biaya yang cenderung paling rumit dibandingkan yang lainnya.

Auditing atau akuntansi pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan atau auditing terbagi ke dalam dua jenis yaitu audit eksternal dan audit internal. Audit eksternal berarti suatu pemeriksaan yang dilakukan pihak eksternal untuk menilai suatu kebenaran dalam laporan keuangan.

Sementara audit internal biasanya berfokus pada suatu langkah evaluasi kecukupan struktur pengendalian internal perusahaan dengan melakukan pengujian segregasi tugas, kebijakan serta prosedur, tingkat otorisasi dan juga suatu control lain yang dilaksanakan oleh suatu manajemen.

Tax accounting atau akuntansi perpajakan

Akuntansi perpajakan berguna untuk membantu klien mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh suatu otoritas pajak. Hal ini termasuk ke dalam suatu upaya penghitungan pajak dan juga persiapan pengembalian pajak.

Laporan ini juga turut melibatkan suatu penentuan pajak penghasilan serta pajak lain dan juga layanan konsultasi pajak seperti halnya cara untuk meminimalisir pajak secara hukum, evaluasi atas konsekuensi keputusan pajak, dan berbagai hal lain yang ada kaitannya dengan pajak.

Governmental accounting atau akuntansi pemerintahan 

Akuntansi pemerintahan merupakan suatu bidang akuntansi yang tidak mengikuti standard akuntansi keuangan yang ada. Standar akuntansi pemerintahan tunduk pada sebuah standar yang disebut SAP atau Standar Akuntansi Pemerintahan.

Akuntansi pemerintahan hadir dengan tujuan menyajikan informasi berupa data akuntansi dari berbagai macam aspek pengelolaan administrasi keuangan pemerintah yang kemudian melakukan upaya pengendalian pengeluaran suatu anggaran.

Accounting information systems atau akuntansi sistem informasi

Akuntansi sistem informasi merupakan suatu bidang akuntansi yang melibatkan instalasi, pengembangan, implementasi, dan juga pemantauan atas prosedur yang digunakan dalam penentuan proses ke depannya. Dalam bidang akuntansi ini ada pengumpulan data dan laporan keuangan. Dengan adanya sistem informasi tersebut juga dapat membantu dalam memudahkan sebuah perusahaan dalam upaya pengambilan sebuah keputusan.

Fiduciary accounting atau akuntansi fidusia

Jenis akuntansi ini mencakup semua penanganan asset yang dikelola oleh orang yang telah ditunjuk dan berhak atas suatu pengelolaan property untuk kepentingan orang lain. Contoh dari penggunaan akuntansi fidusia diantaranya adalah kurator yang menangani kebangkrutan suatu badan usaha.

Islamic accounting atau akuntansi syariah

Proses akuntansi ini berdasarkan prinsip – prinsip syariah, baik dalam siklus akuntansinya atau cara pencatatannya. Bank – bank yang biasanya menerapkan akuntansi syariah memiliki sistem yang berbeda dengan bank konvensional.

Forensic accounting atau akuntansi forensic

Bidang akuntansi yang satu ini dipadu dengan kemampuan investigatif untuk memecahkan suatu masalah atau sengketa keuangan juga dugaan fraud yang akhirnya akan diputuskan oleh pengadilan atau suatu arbitrase atau tempat penyelesaian perkara yang lain.

Itulah berbagai bidang akuntansi yang dapat dipelajari. Semoga keterangan dalam uraian diatas semakin menambah wawasan dan pengetahuan kita semuanya.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 1