-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Apa pengertian Venture Capital dan Cara Kerjanya Yang Wajib Anda Pahami

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Apa pengertian Venture Capital dan Cara Kerjanya Yang Wajib Anda Pahami

Istilah venture capital memang tidak bisa dilepaskan dengan dunia startup. Kehadiran mereka memang menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Bagi sebagian besar orang, tentu masih asing dengan istilah yang satu ini bukan? Untuk memahami venture capital tersebut, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Pengertian venture capital

Seperti yang sudah dibawah sebelumnya, venture capital memang menjadi perusahaan yang penting untuk sebuah perusahaan startup. Hal ini tidak lain karena VC merupakan modal yang diberikan kepada perusahaan startup dalam bentuk uang yang tengah berkembang atau perusahaan yang potensial. Selain itu, mereka juga melakukan aktivitas lainnya seperti manajemen, pendanaan, penyaluran hingga pengawasan.

Dimana venture capitalish merupakan seseorang yang menjalankan bisnis VC. Mereka bisa mendapatkan modal untuk dipinjamkan  berasal dari LP atau limited Partners. LP ini sendiri berasal dari orang-orang dengan harta berlimpah, perusahaan keluarga, dana mengendap dan sumber-sumber lainnya.

Cara kerja bisnis venture capital 

Dari penjelasan diatas, anda tentu masih bertanya-tanya bukan bagaimana cara kerja dan darimana mendapatkan modal dalam bisnis  venture capital. Bisnis ini sendiri biasanya diawali apabila ada seorang Limited partners yang bermaksud menitipkan uang kepada pihak venture capitalist dan mereka juga memberikan uang untuk management fee kepada pihak VC tapi dalam bentuk pinjaman.

Pinjaman uang tersebut harus digunakan oleh VC untuk menjalankan bisnis dan melakukan pengawasan atas investasi mereka. Nantinya apabila pihak VC sudah berhasil menghasilkan return, maka pihak mereka harus mengembalikan uang return investasi dan management fee kepada pihak limited parners.

Uang yang diinvestasikan pihak LP kemudian akan langsung diberikan kepada pihak perusahaan startup yang telah masuk kedalam kualifikasi. Tak hanya menunggu hingga startup sukses, biasanya pihak venture capital juga bisa memberikan saran hingga mencari adanya peluang untuk memperoleh return yang berasal dari investasi.

Cara VC mendapatkan keuntungan

Anda mesti juga menanyakan dari manakah Venture capital tersebut mendapatkan keuntungan bukan? VC sendiri ternyata memiliki 2 sumber keuntungan untuk mendapatkan pemasukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Management fee

Ini merupakan sebuah biaya operasional yang diberikan oleh Limited partner saat awal melakukan investasi dan biaya ini sendiri tidak bisa ditarik oleh pihak LP. Biasanya total biaya yang harus dibayarkan adalah 2-3 persen dari jumlah investasi yang dilakukan.

2. Carried Interest

Adapun sumber keuntungan VC lainnya yakni berasal dari carried interest. Ini merupakan biaya yang akan dibebankan VC kepada para investor terhadap keuntungan dari investasi yang dilakukan oleh LP. Besarnya keuntungan ini biasanya berkisar 20-30 persen.

Tahapan pendanaan Venture Capital 

 

1. Seed Round 

 

Ini merupakan tahap pertama didalam pendanaan startup oleh para investor. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mencari tahu bagaimana potensi produk yang telah dibuat dan dikembangkan.

2. Angel round

Pendanaan yang selanjutnya adalah angel round dimana tujuan utama dari pendanaan ini adalah untuk mendapatkan pengguna awal, memperoleh pemasukan hingga perbaikan produk.

3. Series A round

Ini merupakan tahapan pendanaan apabila perusahaan startup sudah mencapai tahap beta dimana siap memperoleh pengguna dengan jumlah tertentu. Para investor biasanya tak akan memberikan dana besar jika startup tidak memiliki pasar luas.

4. Series B Round

Merupakan pendanaan yang biasanya diberikan kepada perusahaan startup dimana untuk memaksimalkan ekspansi pasar perusahaan tersebut. Biasanya jumlah pendanaan yang diberikan bisa berkisar 22 hingga 80 miliar.

Keberadaan venture capital memang dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan startup seperti menjadi sumber dana untuk masa pengembangan perusahaan hingga menjadi maju hingga membantu perusahaan memperoleh partners kerja yang lebih banyak.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 17