Alasan Memakai Asuransi Jiwa Unit Link dan Manfaat Menggunakannya untuk Masa Depan

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Sebagian besar orang, entah itu yang masih anak-anak sampai orang tua memiliki asuransi sebagai perlindungan diri untuk masa depan mereka. Ada banyak pilihan asuransi yang bisa kamu pakai, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi. Tapi kini, orang sudah mulai menggunakan asuransi jiwa unit link.

 

Jenis asuransi tersebut merupakan gabungan dari asuransi jiwa dengan investasi. Proteksi diri sangat penting dimiliki karena bisa melindungi kamu dari berbagai resiko yang tidak diinginkan, seperti meninggal, cacat, sakit, dan sebagainya, terutama kamu yang perannya sebagai pencari nafkah.

 

Kalau pencari nafkah mengalami cacat tetap atau meninggal, tentu keluarganya akan semakin susah melanjutkan hidupnya karena kurangnya biaya kehidupan. Maka itu, asuransi jiwa sangat dibutuhkan agar keluarganya tetap mendapatkan jaminan meski pencari nafkah sudah tidak bisa lagi membiayainya.

 

Sedangkan rencana investasi dibutuhkan agar bisa menyimpan semakin banyak finansial buat kehidupan kamu, seperti dana pendidikan atau pensiun. Kamu yang tidak punya investasi hanya akan mengandalkan tabungan yang nilainya tidak selalu tetap.

 

Adanya penggabungan antara asuransi jiwa dan investasi, diharapkan bisa melindungi kamu dari berbagai masalah finansial kehidupan kamu di masa mendatang. Selain itu, kamu tidak usah repot-repot membelinya satu-satu karena cukup dengan membeli 1 paket ini, kamu bisa langsung mendapatkan kedua asuransi itu.

 

Di asuransi ini, kamu akan ditawarkan berbagai macam investasi yang bisa kamu pilih secara bebas sesuai kebutuhan dan keinginan. Tentu potensi yang didapat akan berbeda-beda, mulai dari yang paling rendah hingga yang tertinggi. Instrumen-instrumennya juga tidak kalah bervariasinya, yakni obligasi, saham, pasar uang, serta campuran.

 

Dari banyaknya variasi yang ditawarkan, tidak heran kalau asuransi unit link memberikan return yang lebih banyak daripada tabungan atau deposito biasanya. Tapi sebagai nasabahnya, kamu harus tahu kalau resiko yang akan didapat ditanggung oleh pemilik polis. Jadinya, pihak perusahaan asuransi tidak ikut bertanggung jawab atas resiko yang didapat.

 

Meski tidak jarang orang menganggap asuransi jiwa unit link merugikan, tapi ada banyak juga manfaatnya. Kalau pun mendapat kerugian, mereka belum benar-benar paham fungsi asuransi ini. Berikut manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan saat membeli unit link.

 

  1. Praktis

 

Kalau kamu orang yang tidak mau pusing-pusing memilih asuransi, maka sebaiknya kamu pilih jenis asuransi unit link. Hanya dengan 1 produk saja, kamu sudah bisa langsung mendapatkan jaminan proteksi dan investasi secara bersamaan.

 

Kamu hanya bertemu dengan 1 pihak saja agar bisa memperoleh manfaat kedua asuransi itu. Tentu kamu tidak akan mendapatkan keprakstisan ini saat kamu memakai 2 asuransi murni. Kamu harus bertemu 2 pihak yang berbeda untuk membeli asuransi jiwa dan investasi. Akan sangat merepotkan kalau pihak itu terpisah, sehingga bisa membuang-buang waktu kamu saja.

 

2. Membantu kamu dalam berinvestasi

 

Tidak semua orang paham betul dengan produk investasi, entah itu saham atau reksa dana. Kamu yang sudah membeli unit link tidak usah lagi pusing-pusing memikirkannya karena akan dibantu oleh orang yang ahli secara langsung selama kamu memilikinya.

 

Kamu akan dibimbing secara penuh saat memilih produk investasinya dan bisa disesuaikan dengan rencana keuangan kamu. Jadi, kamu tidak usah bingung lagi saat mau menempatkan investasi kamu di reksa dana atau saham.

 

3. Fleksibel

 

Dari nilai return pada invetasi unit link tidak seoptimal asuransi individual, apalagi masih bergantung dari fluktuasi pasarnya. Tapi kalau pasar modalnya sedang dalam keadaan bagus, nilai return yang akan didapat akan jauh lebih besar daripada tabungan atau deposito. Selain itu, kamu jadi gampang menarik atau menambah dananya sesuka hati kamu nanti.

Daripada kamu repot-repot membeli asuransi individual atau murni, asuransi jiwa unit link bisa penolong jaminan kehidupan kamu. Lebih praktis, kamu tidak usah lagi membeli produk asuransi yang berbeda lainnya, apalagi prosedurnya yang berbeda-berbeda. Tapi pilih perusahaan asuransi yang tepat agar tidak mendapat penipuan dana.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 7