-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Apa Itu Capital Gain, Simak Penjelasannya Berikut

Last modified: Mei 20, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Banyak orang beralih bisnis investasi karena keuntungan besar yang akan didapatkan. Seperti pembagian dividen jika perusahaan mengalami keuntungan hingga capital gain yang ditaksir memiliki jumlah yang jauh lebih besar. Namun beberapa orang kadang masih belum paham betul mengenai apa itu capital gain. Oleh karena itulah berikut ini penjelasan singkat mengenai capital gain, besar pajak yang harus dibayarkan hingga fakta seputar capital gain yang perlu diketahui.

Sekilas Tentang Capital Gain?

To top

Bagi yang sudah paham mengenai investasi, tentu istilah ini tidak asing lagi. Namun bagi yang baru, mungkin akan bertanya-tanya apa itu capital gain? Nah capital gain sendiri adalah keuntungan yang akan diperoleh oleh investor dari penjualan aset modal dimana harga jual lebih tinggi dari harga beli. Seseorang akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar namun sekaligus kehilangan aset yang berharga.

Capital gain dapat terjadi pada beberapa aset seperti properti, reksadana, obligasi, opsi dan berbagai instrumen lainnya. Bisa merupakan jangka pendek dimana rentan waktu hanya satu tahun bahkan kurang atau jangka panjang yang berarti diatas satu tahun. Selain itu juga harus klaim pada pajak penghasilan dari investor tersebut.

Berapa Besaran Pajak Yang Harus Dibayarkan Oleh Investor?

To top

Untuk investasi jangka panjang dalam barang koleksi, maka capital gain akan dikenakan pajak sebesar 28 persen. Sedangkan untuk capital gain pada investasi jangka pendek berbentuk kolektibilitas. Seseorang harus membayar besaran pajak yang sudah ditentukan sebagai capital gain jangka pendek dengan tarif pajak penghasilan yang biasa dibayarkan.

Sedangkan apabila seseorang kehilangan uang untuk investasi maka ia mengalami capital loss dan hal tersebut dapat mengurangi pajak. Pada kasus dimana capital loss melebihi capital gain maka seseorang bisa mengurangi kerugian dari penghasilan yang didapatkan. Untuk capital gain sendiri biasanya terkait dengan saham dan dana sehingga hampir semua yang digunakan dan dimiliki seseorang merupakan aset modal yang dikenakan pajak.

Capital gain sendiri dibagi menjadi 2 yaitu bisa berupa yang direalisasikan dan belum direalisasikan. Untuk jumlah pajak yang dibayarkan tergantung pada golongan pajak penghasilan yang dimiliki. Untuk keuntungan jangka pendek maka akan dikenakan pajak pada tingkat atau jumlah yang sama pada pajak penghasilan yang biasa dibayarkan.

Sedangkan pada keuntungan jangka panjang pada sebagian besar barang maka investor akan dikenakan pajak 0 persen untuk pph 10 persen dan 15 persen. Untuk pph sebesar 25 persen sampai 30 persen maka dikenakan pajak sebesar 15 persen dan 20 persen untuk pph 39,6 persen di tahun 2015.

Fakta Seputar Capital Gain

To top

Terdapat beberapa fakta unik dan menarik seputar Capital Gain. Berikut ini faktanya yang perlu diketahui, diantaranya :

  1. Waktu Menjadi Sangat Penting

Salah satu fakta terkait apa itu capital gain adalah waktu yang dinilai sangat penting. Semakin lama seseorang memiliki aset maka semakin besar pula potensi kenaikan harga yang akan didapatkan. Terlebih lagi bagi seorang investor yang hobi jual beli aset. Namun tetap harus memperhatikan biaya administrasi yang harus dibayarkan ketika melakukan transaksi.

  1. Capital Gain Yang Dipahami Orang Indonesia Adalah Kepemilikan Rumah

Tidak bisa dipungkiri bahwa rumah menjadi aset yang sangat berharga. Setiap tahun harga rumah nyaris selalu mengalami kenaikan sehingga dalam beberapa dekade ke depan dari sektor perumahan akan tercipta capital gain yang semakin tinggi pula. Dalam investasi, rumah masih menjadi primadona jika dibandingkan dengan saham.

  1. Konsekuensi Pajak

Pajak pada capital gain berbeda-beda tergantung dari objek pajaknya itu sendiri. Setiap segala sesuatu apalagi bisnis yang menghasilkan keuntungan, terutama capital gain tentu akan memiliki konsekuensi pajak yang harus ditanggung oleh investor. Oleh karena itu tidak ada salahnya sebelum mencoba berinvestasi, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli pajak.

  1. Capital Gain Lebih Disukai Dibandingkan Dividen

Fakta terakhir seputar capital gain adalah bahwa kebanyakan orang justru lebih menyukai capital gain dibandingkan dengan dividen. Dalam jangka waktu setahun, kadang sebuah perusahaan bisa membagikan hingga 10 kali dividen. Sedangkan untuk capital gain hanya bisa investor dapatkan ketika trader tutup transaksi. Orang-orang akan menganggap dividen sebagai bonus saja, sedangkan capital gain adalah sesuatu yang diincar.

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu capital gain, besaran pajak yang harus dibayarkan hingga fakta seputar capital gain. Setiap barang akan dikenakan pajak yang disesuaikan dengan objek barang itu sendiri dan pajak penghasilan dari pemiliknya. Apabila masih belum paham bisa bertanya langsung kepada ahli pajak agar semakin yakin untuk mulai berinvestasi.

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 85