0.8 C
New York
Jumat, Desember 6, 2019

Apa Itu Konsinyasi, Ketahui Pengertian Dan Ulasan Lengkapnya Disini ?

Last modified: Mei 20, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Konsinyasi  Dalam dunia bisnis istilah konsinyasi sudah tidak asing lagi. Istilah ini biasanya digunakan oleh para pengusaha. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada pengusaha yang tidak memahami konsinyasi. Apa itu konsinyasi? Mari ikuti penjelasan berikutnya

Dalam bisnis tentunya mengedepankan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Lalu apa konsinyasi jawabnya adalah menitipkan barang atau produk ke pada toko lain untuk memasarkan dan menjalankan praktik jual beli untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Keunggulan Bisnis Dengan Konsinyasi

To top

Untuk lebih memberi pemahaman yang lebih tentang apa itu Konsinyasi maka beberapa keunggulan dibawah ini dapat dipahami.

  • Pemasaran produk akan lebih luas dan besar sehingga potensi pasar untuk membeli produk lebih besar.
  • Tidak lagi susah untuk memasarkan produk atau barang karena konsinyasi selaku pihak kedua akan membantu memasarkan barang atau produk tersebut.
  • Tidak perlu melakukan transaksi kepada pembeli karena konsinyasi langsung yang akan melakukan transaksi kepada pembeli barang.

Tips Jitu Agar Konsinyasi Menguntungkan

To top

Sebagaimana praktiknya Konsinyasi kadang mendatangkan keuntungan namun tidak sedikit juga malah mendatangkan kerugian. Oleh sebab itu ada pentingnya memahami beberapa tips jitu agar Konsinyasi mendapat keuntungan:

  1. Pilih Produk Yang Laku Dipasaran

Unik saja tidak cukup untuk bisa memasarkan produk dipasaran apalagi dengan menggunakan strategi Konsinyasi. Harus jeli dan teliti menentukan produk yang dicari orang. Karena kalau orang butuh ditambah pelayanan dan kualitas produk berkualitas maka akan cepat laku dipasaran. Tapi sebaliknya meski unik tetapi orang tidak butuh maka akan mendapatkan hambatan dipasaran.

  1. Amati dan Lakukan Survey

Konsinyasi adalah memanfaatkan toko, atau space orang lain untuk dijadikan pemasaran produk. Harus pintar dalam memilih tempat yang akan dijadikan penitipan produk. Misalnya Layanannya, letak strategisnya menunjang atau tidak.

  1. Pahami dan Bangun Komunikasi Konsinyi

Namanya juga melakukan kerjasama dalam bisnis tentu saja melakukan komunikasi yang efektif dan saling memahami sifat dan karakter sangat perlu agar tidak terjadi perselisihan paham di akhir.

  1. Selalu Lakukan Pengecekkan Barang Secara Berkala

Upayakan lakukan pengecekkan barang secara berkala atau setiap hari agar mudah mengecek perjalanan pemasaran produk. Sehingga bisa tau bagaimana progress penjualan dan pemasaran barang yang dijual.

  1. Buat Catatan yang Detail

Yang perlu dipahami dalam  Konsinyasi adalah kedua belah pihak harus benar benar memahami tentang jumlah dan kondisi barang. Jika pihak Konsinyor dan Konsinyasi tidak selalu mengupdate sistem pencatatan laporan keuangan dengan baik maka pasti ada pihak yang dirugikan.

Jenis Produk Yang Tepat Untuk Konsinyasi

To top

Untuk memahami Apa itu Konsinyasi tidak cukup hanya dengan memahami istilah. Perlu juga dipahami jenis produk yang cocok untuk konsinyasi agar lebih memahami istilah dan prakteknya.

  • Pakaian. Pakaian salah satu jenis produk yang cocok untuk Konsinyasi. Karena selain gampang dipasarkan tidak terlalu ribet dan gampang membuat laporan catatan keuangan dan barang keluar dan masuk.
  • Aksesoris. Barang atau produk berikutnya yang aman dan cocok untuk Konsinyasi adalah aksesoris. Aksesoris tidak perlu memakan tempat yang besar. Dan bisa masuk dan di order di toko manapun sangat mudah untuk di Konsinyasikan.
  • Snack. Snack juga cocok untuk dijadikan barang atau produk Konsinyasi karena sifatnya. Keuntungan juga lebih besar misal membeli produk dalam bentuk kiloan lalu di repacking sehingga lebih mendapatkan keuntungan atau profit tertentu.
  • Kue atau Jajanan Tradisional. Untuk produk ini memang selalu mendapatkan kendala di awal per konsinyasi karena kue atau makanan tidak bertahan lama sehingga jika  tidak memperhitungkan tempat, lokasi dan peluang pasar akan sulit. Namun bisa dilakukan secara perlahan.

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 13