Apa Itu Remunerasi, Ini Pengertian, Unsur dan Faktor Remunerasi

Last modified: Mei 20, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Salah satu ciri perusahaan yang memiliki tata kelola yang baik adalah memiliki sistem remunerasi yang jelas. Apa itu remunerasi? Remunerasi adalah istilah lain dari pemberian upah atau penggajian yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan terhadap karyawan atau pegawainya.

Istilah remunerasi kerap digunakan dalam dunia kerja misalnya Untuk sistem pemberian gaji, imbalan, atau kompensasi atau bonus. Remunerasi pun dilakukan untuk tujuan tertentu baik untuk perusahaan maupun pekerja atau karyawan perusahaan. Apa itu remunerasi ketika disandingkan dengan besarnya kompensansi? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Remunerasi ?

To top

Apa itu Remunerasi juga dapat dipahami  secara harfiah  yang memiliki arti yaitu sebuah penghargaan atau imbalan yang wajib diberikan kepada pegawai atau karyawan atas pekerjaan yang dilakukan untuk sebuah perusahaan.  Remunerasi juga  berfungsi sebagai daya tarik tersendiri agar dapat menarik pekerja atau pegawai yang berkualitas.

Semakin tinggi dan besar sistem remunerasi pada suatu perusahaan maka akan semakin tinggi profesional kerja pegawai terhadap perusahaan. Begitu sebaliknya jika sistem remunerasi tidak jelas maka nilai kapasitas perusahaan akan diragukan kapasitasnya.

Tujuan Remunerasi

To top

Remunerasi juga memiliki tujuan. Adapun beberapa tujuanya adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan Kualitas dan Motivasi resorces dalam bekerja.
  • Dengan adanya sistem remunerasi yang jelas maka seluruh pegawai akan menjadi produktif dan loyal terhadap perusahaan
  • Akan meningkatkan persaingan yang sehat positif antara pegawai untuk meningkatkan kinerja maupun mengembangkan kreatifitas kerjanya.
  • Sebagai Alat untuk mensejahterakan para karyawan atau pegawai sehingga performa kerja juga akan maksimal
  • Mendukung terselenggaranya tata kelola dan sistem kerja yang sehat dan jujur dalam perusahaan.

Apa itu remunerasi juga harus dipahami berdasarkan tujuannya sehingga remunerasi bukan sekedar tuntutan karyawan namun sebagai target yang harus dicapai

Faktor Yang Mempengaruhi Besar dan Kecil Suatu Remunerasi

To top

Untuk penentuan jumlah remunerasi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor berikut adalah seperti dibawah ini:

  • Berdasarkan kapasitas kontribusi pekerja terhadap perusahaan tersebut atau istilah lain sering disebut dengan posisi atau jabatan tertentu dalam perusahaan tersebut.
  • Dapat juga karena faktor prestasi kerja atau kemampuan atas suatu skill, dalam hal lain juga disebut dengan kompetensi pegawai atau individual. Biasanya posisi posisi strategis yang membutuhkan kompetensi khusus misalnya akan mendapat remunerasi lebih besar.
  • Sistem tata kelola yang ditetapkan oleh perusahaan atas kinerja. Biasanya kinerja atau hasil kerja juga menjadi penilaian tertentu dalam memberikan remunerasi. Kadangkala ada perusahaan yang siap memberikan bonus atau insentif terhadap kinerja pegawai atau pekerjanya.

Unsur-Unsur Yang Terkandung Dalam Sistem Remunerasi

To top

Adapun unsur-unsur dalam remunerasi adalah yang tergolong dalam kompensasi dan Bonus atau komisi. Penjelasannya dari kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kompensasi. Seluruh aspek yang diterima berdasarkan sistem tata kelola dan diberikan kepada seluruh pekerja atau pegawai perusahaan tersebut.
  • Bonus atau Komisi. Untuk bonus atau komisi adalah imbalan yang diberikan kepada pegawai atau pekerja sebagai bentuk penghargaan atas peningkatan atau pencapaian kerja misalnya penjualan produk meningkat.

Tolak Ukur Idealitas Sistem Remunerasi

To top

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa sistem remunerasi dalam setiap perusahaan berbeda-beda. Oleh sebab itu secara garis besar ukuran idealitas sistem remunerasi adalah sebagai berikut:

  • Berdasarkan UMR wilayah tertentu
  • Struktur Posisi dalam organisasi perusahaan
  • Sesuai dengan jobdesk perusahaan
  • Kemampuan operasional perusahaan

Demikian penjelasan tentang Apa itu Remunerasi, semoga dengan penjelasan diatas dapat menambah khasanah dan informasi yang berkaitan dengan seputar remunerasi. Pilihlah remunerasi sesuai dengan kinerja tidak terlalu besar atau kecil. Namun setimpal atau seimbang. Karena pada dasarnya remunerasi di keluarkan berdasarkan perhitungan operasional yang telah ditentukan dalam sebuah perusahaan.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 10