-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Asuransi Dwiguna adalah Investasi Tepat yang Bisa Kamu Coba

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Manusia selalu melalui pola yang sama dalam menjalani kehidupan. Mulai dari setelah dilahirkan hingga menjadi bayi. Kemudian mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang menyebabkan bayi menjadi anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Pola tersebut selalu dilalui hingga tutupnya usia di dunia. Namun, meskipun sama, ada beberapa perbedaan yang pastinya dialami. Salah satu perbedaan yang terjadi adalah bagaimana seseorang mempersiapkan hidupnya menjadi lebih nyaman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hidup menjadi nyaman, yaitu memberi perlindungan dengan menggunakan asuransi. Asuransi memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah asuransi dwiguna. Asuransi dwiguna adalah bentuk perlindungan yang bisa kamu miliki dengan cara yang cukup mudah.

Pada dasarnya, asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang bisa dimiliki oleh manusia. Sudah ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa asuransi untuk membantu banyak orang. Asuransi yang bisa kamu gunakan bisa bervariasi tergantung dengan kebutuhan, salah satu yang bisa digunakan adalah asuransi dwiguna. Salah satu prinsip yang diberlakukan oleh pihak asuransi selama menjalankan bisnisnya. Pertama, asuransi berawal dari niat baik. Nasabah yang ingin memiliki asuransi memiliki kesadaran bahwa penting baginya untuk memiliki asuransi. Saat proses pembentukan asuransi, nasabah akan ditanya terlebih dahulu kepada pihak yang bertugas untuk menjelaskan maksud dan tujuannya membuat asuransi.

Asuransi jiwa dwiguna memiliki pengertian sebagai asuransi yang bisa diterima oleh seseorang dalam bentuk suatu penjumlahan dari manfaat tertentu yang diberikan selama periode yang telah ditentukan atau selama nasabah hidup di dunia. Periode asuransi ditentukan dan disepakati secara bersama terlebih dahulu. Jadi, ketika sudah jatuh tanggal periode akhir, pihak asuransi wajib membayarkan polis kepada nasabah. Namun, ketika nasabah terlebih dahulu meninggal dunia, uang yang berhak dimiliki oleh nasabah diberikan kepada ahli waris yang sah di mata hukum.

Seperti yang telah dijelaskan, asuransi dwiguna merupakan asuransi yang memberikan suatu jumlah manfaat kepada nasabahnya. Jenis investasi yang bisa dimiliki nasabah bisa terlihat dari berapa lama periode yang dimiliki. Nasabah yang memiliki periode kurang dari 3 tahun bisa mendapat bentuk investasi berupa pasar uang. Pada nasabah yang memiliki periode 3 hingga 5 tahun berhak mendapat investasi dalam bentuk obligasi. Sedangkan nasabah yang memiliki periode lebih dari 5 tahun berhak mendapat investasi saham.

Hak dan Kewajiban Bagi Anda Para Pemegang Asuransi

Pada saat proses pembuatan asuransi dan selama asuransi tersebut berlaku, baik nasabah ataupun pihak asuransi wajib menuruti hak dan kewajiban yang dimiliki oleh pihak masing-masing. Pertama, hak yang bisa nasabah terima adalah:

  1. Berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh nasabah terkait asuransi bisa diberikan secara terbuka oleh pihak asuransi
  2. Menerima bukti penerimaan atas asuransi yang sudah dibeli
  3. Bisa mengajukan pembatalan jika keadaan sudah tidak sesuai dengan rencana awal. Biasanya proses pembatalan bisa dilakukan selama 14 hari setelah surat penerimaan asuransi diberlakukan

Selanjutnya, kewajiban yang perlu dilakukan adalah:

  1. Pastikan semua data yang anda berikan merupakan data yang benar. Periksa lagi sebelum proses asuransi benar-benar dilakukan
  2. Selalu laporkan kejadian terkait asuransi yang memengaruhi proses penutupan
  3. Bekerja sama bila pihak asuransi membutuhkan sifat kooperatif dari nasabah

Banyaknya asuransi yang bisa dipilih menjadikan kamu harus lebih cermat dalam menentukan. Mintalah saran dari pihak yang lebih paham bila anda mengalami masalah.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 1