-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Asuransi Kerugian Adalah? Ketahui Pengertian Serta Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Asuransi kerugian adalah bentuk asuransi yang berupa pemberian ganti rugi kepada seorang tertanggung yang mengalami satu atau berbagai bentuk kerugian berupa benda atau barang tertentu dalam suatu peristiwa berbahaya akibat bencana atau kejadian lain yang dianggap merugikan sehingga barang atau benda tersebut mengalami penurunan nilai pakai. Singkatnya, asuransi kerugian ini dapat memberikan perlindungan maupun jaminan terhadap harta benda Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diduga.

Apa Saja yang Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi Kerugian?

Dari keterangan yang sudah dijabarkan sebelumnya, Anda pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa asuransi kerugian digunakan untuk melindungi nilai suatu benda. Artinya, ada situasi di mana nilai tersebut dianggap sebagai suatu kerugian. Bentuk-bentuk kerugian tersebut bermacam-macam, antara lain barang sudah kehilangan nilai pakaiannya, barang mengalami penurunan nilai, tertanggung kehilangan keuntungan yang sebelumnya diharapkan, adanya penanggungan untuk hukum kepada pihak ke tiga, dan pemenuhan kewajiban apabila ternyata tertanggung belum bisa atau tidak memenuhi kewajiban.

Jenis-Jenis Asuransi yang Perlu Diketahui

Dikarenakan kerugian tiap tertanggung berbeda-beda, maka asuransi kerugian dibagi menjadi tiga jenis, yakni asuransi kebakaran, asuransi pengangkutan barang, dan asuransi aneka.

Asuransi kebakaran adalah asuransi kerugian yang diberikan kepada tertanggung yang mengalami kebakaran. Objek kebakaran tersebut macam-macam bentuknya, bisa berupa aset tertentu atau bangunan, tergantung barang apa yang ingin diasuransikan. Biasanya, asuransi kebakaran digunakan untuk para pelaku usaha seperti pemilik perkantoran, toko, pabrik, restoran, rumah sakit, dan lain sebagainya. Sebab dari kebakaran yang diberikan asuransi pun beraneka ragam, mulai dari sambaran petir, konsleting listrik, ledakan, dan lain-lain.

Asuransi pengangkutan barang merupakan asuransi yang kerap digunakan untuk perlindungan terhadap barang-barang dalam proses pengangkutan, entah itu pengangkutan lewat jalur darat, udara maupun laut. Selain barang yang diangkut, asuransi juga dapat memberikan jaminan kepada alat angkutnya. Contohnya saja apabila terjadi kasus pada kapal pengangkut barang, kapal tersebut tenggelam, tertabrak, atau mengalami kejadian naas yang menyebabkan kerugian. Maka pihak asuransi akan menanggung barang sekaligus kerugian atas kapal tersebut. Hal ini apabila tertanggung memang mengasuransikan kapalnya sekaligus.

Jenis asuransi kerugian yang terakhir adalah asuransi aneka. Disebut asuransi aneka karena memang yang diberi perlindungan bisa dalam bentuk beraneka ragam, yang penting sudah tidak masuk ranah dua asuransi sebelumnya. Contohnya adalah asuransi terhadap tindak pencurian, kecelakaan, profesi, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Bahkan untuk beberapa orang, mengasuransikan organ tubuhnya sudah bukan hal aneh lagi.

Dari hal tersebut tidak heran jika ada cabang dari jenis asuransi. Misalnya ada asuransi harta benda, yang termasuk ke dalamnya adalah asuransi kebakaran, paket toko, gempa bumi, paket rumah, atau properti all risk. Atau ada pula asuransi kendaraan bermotor, yang terdiri dari asuransi aneka, asuransi kecelakaan, asuransi pencurian, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, asuransi keluarga, dan asuransi kesehatan.

Manfaat dari Asuransi Kerugian

Meskipun ketika mengikuti asuransi, para tertanggung harus membayarkan sejumlah dana sesuai kesepakatan, tetapi hal ini akan sangat bermanfaat jika ada kejadian yang tidak diduga sewaktu-waktu.

Manfaat dari asuransi kerugian antara lain dapat memberikan rasa aman kepada tertanggung. Selain itu, polis asuransi juga dapat menjadi jaminan jika Anda membutuhkan dana pinjaman atau kredit. Asuransi dapat berguna sebagai tabungan di masa mendatang, terutama untuk keluarga. Asuransi pun dapat membantu untuk meningkatkan usaha yang Anda lakukan, sebab Anda tidak perlu khawatir jika terjadi masalah pada usaha yang dijalankan.

Bisa dibilang, asuransi kerugian adalah sebuah solusi untuk memberikan keamanan terhadap barang maupun diri sendiri atas kejadian yang tidak diduga.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0