-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Beberapa Fungsi dan Jenis-Jenis Bank yang Perlu Diketahui Masyarakat Luas

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Selama ini kita tahu bahwa bank dianggap sebagai tempat penyimpanan uang yang praktis dan aman. Namun, jika menilik lebih dalam, bank memiliki fungsi yang lebih komplek dari sekadar tempat menyimpan uang. Dilihat dari pengertiannya, bank sendiri adalah lembaga atau badan usaha yang berfungsi sebagai penghimpun dana dari nasabah, entah itu dalam wujud simpanan giro maupun deposito. Bentuknya bisa dalam berbagai mata uang, mulai dari rupiah(untuk bank di Indonesia) atau valuta asing. Uang yang tersimpan di dalam bank dapat disalurkan kembali ke masyarakat dengan berbagai cara, mulai dari berbagai macam bentuk kredit atau hal lainnya. Apabila dijabarkan, akan didapat beberapa fungsi bank yang dapat kamu ketahui.

Fungsi Bank Secara Umum

Bank memiliki tiga fungsi pokok, antara lain berfungsi sebagai penghimpun dana yang berasal dari masyarakat, berfungsi sebagai penyalur dana untuk masyarakat, serta berfungsi dalam pemberian layanan perbankan untuk nasabah bank tersebut.

Maksud dari penghimpun dana dari masyarakat adalah bahwa simpanan yang dilakukan para nasabah dikumpulkan dalam bank tersebut. Hal ini karena masyarakat dengan jumlah kekayaan melimpah tentunya butuh tempat penyimpanan yang aman dari berbagai gangguan. Terlebih untuk masyarakat modern yang tidak suka membawa uang dalam jumlah besar ke mana-mana, sudah pasti bank akan sangat dibutuhkan.

Selain itu, masyarakat juga bukan hanya dapat menyimpan uangnya di bank, mereka juga bisa melakukan investasi. Hal ini karena bank selalu memberi keuntungan kepada nasabah yang menyimpan uangnya, keuntungan terkadang berupa bunga atau bagi hasil. Simpanan juga dapat dilakukan dalam bentuk tabungan, deposito, giro, dan bentuk lainnya sesuai kebijakan bank tersebut.

Fungsi lain dari bank adalah sebagai penyalur dana. Bagaimana bank bisa menyalurkan dana untuk masyarakat? Yaitu dengan memberikan pinjaman atau kredit kepada nasabah yang membutuhkan. Bisa dibilang, cara ini merupakan solusi utama bank mendapatkan asetnya. Sebab, pinjaman yang diberikan kepada nasabah selalu dikenakan bunga sekian persen.

Selain dari fungsi di atas, bank juga menyediakan layanan jasa perbankan. Pelayanan tersebut bisa berupa membantu nasabah mentransfer uang, pemindahan buku, kliring, inkaso, penagihan surat berharga, dan lain sebagainya. Semakin baik pelayanan jasa tersebut, pendapat bank pun kian bertambah. Inilah mengapa pelayanan tersebut semakin dikembangkan dan dibuat lebih canggih untuk memudahkan nasabah.

Jenis-Jenis Bank yang Harus Diketahui

Bank terdiri dari beberapa jenis, tergantung fungsinya dan faktor-faktor lain. Apabila dilihat dari fungsinya, maka bank dibagi menjadi Bank Sentral, Bank Umum, dan Bank Perkreditan Rakyat(BPR). Bank Sentral merupakan pusat dari bank di sebuah negara, mereka yang mengatur bank-bank lainnya di negara tersebut. Di Indonesia sendiri kita memiliki Bank Indonesia(BI). Bank Sentral dapat menetapkan maupun melaksanakan kebijakan moneter, mereka mengatur sekaligus mengawasi semua bank di suatu negara. Sedangkan Bank Umum adalah bank yang biasa kita gunakan, yaitu bank untuk menabung, meminjam, dan melakukan transaksi perbankan lainnya. Kemudian BPR memiliki fungsi yang tidak jauh beda dari Bank Umum, hanya saja mereka melakukan kegiatan yang lebih konvensional.

Jenis bank juga dapat diklasifikasikan menurut bentuk kepemilikannya, ada bank milik pemerintah, bank swasta, bank koperasi, dan bank asing. Seperti namanya, bank pemerintah berarti milik pemerintah. Segala aktivitas dilakukan oleh pemerintahan yang diwakili oleh BUMN. Sedangkan untuk bank swasta biasanya didirikan oleh individu atau lembaga tapi diakui secara nasional. Bank koperasi dimiliki oleh perusahaan berbadan hukum koperasi, sedangkan bank asing adalah bank milik pemerintahan asing yang didirikan di wilayah Indonesia.

Itu tadi adalah sedikit dari fungsi bank dan jenis-jenisnya yang perlu kita ketahui bersama. Semoga membantu.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0