-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Berbagai Faktor Pengaruh Suku Bunga dan Tingkat Besar Kecilnya

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam dunia perbankan, terdapat dua suku bunga yaitu suku bunga simpanan dan suku bunga pinjaman. Keduanya sangat berkaitan erat dan memengaruhi satu sama lain. Karena keterkaitan tersebut, tingkat suku bunga baik bunga simpanan maupun pinjaman bisa mengalami kenaikan atau penurunan. Tetapi, sebenarnya, apa saja faktor pengaruh suku bunga tersebut sehingga bisa naik turun?

Tingkat suku bunga bisa digunakan untuk mengontrol perekonomian suatu negara. Karena tingkat suku bunga diatur dan ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga kelangsungan perekonomian suatu negara.

Ada beberapa faktor pengaruh suku bunga yang juga memengaruhi besar kecilnya penetapan tingkat suku . Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kebutuhan Dana

Besarnya dana yang diinginkan dapat berpengaruh pada suku bunga pinjaman. Jika bank sedang mengalami kekurangan dana sedangkan permohonan pinjaman dari masyarakat terus meningkat, maka bank akan meningkatkan suku bunga simpanan agar kebutuhan dananya terpenuhi. Tetapi, dengan meningkatnya suku bunga simpanan, bunga pinjaman pun juga akan ikut meningkat.

  1. Target Laba

Faktor pengaruh suku bunga yang kedua adalah target laba. Faktor ini cenderung memengaruhi bunga simpanan. Apabila bank memiliki dana simpanan yang banyak sedangkan permohonan untuk mengajukan pinjaman sedikit, maka bunga simpanan dapat turun. Hal tersebut dikarenakan bunga simpanan adalah beban bagi bank. Turunnya suku bunga simpanan juga berpengaruh pada turunnya bunga pinjaman.

  1. Persaingan dengan Bank Lain

Persaingan antar bank pun juga dapat memengaruhi suku bunga karena bank tidak bisa sembarangan dalam menetapkan tingkat suku bunganya. Umunya, bank akan membeli dan menjual bunga yang tidak jauh berbeda dengan tingkat suku bunga pasar.

Selain itu persaingan memperebutkan dana simpanan akan semakin ketat ketika bank kekurangan dana dan kondisi yang tidak stabil. Agar bank dapat menyalurkan dana yang ditumpuk, bank dapat menetapkan suku bunga pinjaman yang berada di bawah pesaingnya meskipun margin laba akan mengecil.

  1. Jangka Waktu

Faktor pengaruh suku bunga lainnya adalah jangka waktu. Semakin lama jangka waktu pinjaman, maka bunga akan semakin tinggi begitu pula sebaliknya. Hal tersebut untuk menghindari risiko macet. Semakin lama jangka waktu tersebut juga akan memperbesar kemungkinan fluktuasi bunga dalam market rate.

  1. Kebijakan Pemerintah

Bank tidak dapat menetapkan tingkat suku bunga seenaknya. Tingkat suku bunga sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Bank Indonesia. Apabila BI Rate sudah ditetapkan, maka bank umum tidak boleh menetapkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi dari angka yang sudah ditetapkan.

  1. Kualitas Jaminan

Kualitas jaminan juga menjadi faktor pengaruh suku bunga, khususnya suku bunga pinjaman. Apabila kekayaan arau harta sebagai jaminan mudah diperjualbelikan, memiliki nilai yang tetap dan stabil atau bahkan meningkat, bank dapat memberi tingkat suku bunga yang rendah. Begitu pula sebaliknya.

Hal tersebut dilakukan karena risiko tidak tertagihnya pinjaman dapat tertutup oleh agunan yang layak tersebut.

  1. Reputasi

Reputasi perusahaan atau nasabah atau pihak yang akan mendapat pinjaman dapat berpengaruh terhadap penentuan suku bunga. Bank umunya akan memberikan pinjaman kepada calon debitur yang reputasinya baik karena jaminan pembayaran atas kredit akan lebih besar. Sehingga bank akan membebankan bunga yang lebih rendah dari tingkat suku bunga pasar.

  1. Produk Kompetitif

Faktor pengaruh suku bunga terakhir adalah produk dari bank tersebut. Karena banyaknya variasi produk perbankan yang ditawarkan, bank akan memberikan bunga pinjaman yang lebih rendah bagi produk yang kompetitif karena pembayarannya diharapkan akan lebih lancar. Selain itu, semakin banyak fasilitas yang ditawarkan dalam suatu produk, akan semakin menarik bunga yang ditawarkan.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0