-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Cara Membeli Saham yang Tepat Bagi Pemula

Last modified: Agustus 8, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Beberapa waktu belakangan ini, semakin santer beredar kabar tentang banyaknya orang yang memiliki kesadaran untuk investasi. Bukan hanya investasi emas batangan saja yang meningkat, investasi saham juga mengalami peningkatan.

Banyak orang ingin mendapatkan keuntungan dari saham dan mengikuti metode – metode perdagangan saham. Mungkin Anda juga salah satu orang yang menginginkannya?

Jika Anda memang tertarik untuk mulai melakukan perdagangan saham, ada beberapa langkah tepat membeli saham bagi pemula. Berikut informasinya untuk Anda!

Cara Membeli Saham Bagi Pemula 

Pertama, buka rekening efek

Satu hal yang harus Anda tahu dulu adalah bahwa saham memiliki kesamaan dengan tabungan. Baik saham atau tabungan, keduanya sama – sama butuh sebuah rekening.

Namun yang menjadi pembeda antara saham dengan tabungan adalah jika Anda membuka suatu rekening tabungan, maka Anda ke kantor cabang bank terkait. Sementara jika Anda berniat membuka rekening saham atau rekening efek, maka yang Anda harus datangi adalah kantor perusahaan sekuritas atau brokernya.

Pembukaan rekening tersebut juga dapat dilakukan secara online. Anda perlu mengisi form yang disediakan di situs – situs perusahaan sekuritas. Setelah itu, Anda nantinya akan dikirimi dengan suatu form yang perlu ditandatangani dimana form tersebut harus Anda kirimkan kembali ke alamat kantor perusahaan sekuritas untuk dilakukan verifikasi.

Sertakan berbagai dokumen pelengkap

Ketika mendaftarkan suatu rekening ke perusahaan sekuritas, Anda perlu menyertakan berbagai dokumen pelengkap. Dokumen – dokumen tersebut dapat berupa beberapa dokumen berikut ini :

  • Kartu identitas yang dapat berupa KTP atau paspor. Jangan lupa untuk Anda bawa juga fotokopinya.
  • Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotokopi buku tabungan
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Materai 6 ribu

Lakukan top up dana ke rekening efek

Dalam pembukaan rekening saham di awal, Anda perlu menyetorkan sejumlah dana. Jumlah dananya bervariasi. Kabarnya sekarang menyetorkan dana hanya 100 ribu rupiah juga bisa digunakan membeli saham.

Setoran awal ini merupakan setoran yang secara langsung akan mengaktifkan rekening efek Anda. Jika Anda sudah mengaktifkan, Anda akan diberikan login ID dan pin untuk mengakses aplikasi yang bisa digunakan membeli saham.

Lakukan pengunduhan pada aplikasi untuk membeli saham

Aplikasi trading saham ini bisa Anda unduh di situs perusahaan sekuritas yang terkait. Atau jika Anda bermain saham dengan ponsel, Anda bisa cari saja di Google Playstore atau di iStore. Nantinya Anda akan diminta untuk melakukan penginstalan aplikasi milik perusahaan sekuritas tersebut. Anda bisa lakukan instalasi di mana saja, bisa di laptop atau HP android.

Pahami bagaimana cara membeli saham

Dalam pembelian saham, aplikasi yang sudah diinstalasi tersebut akan memperlihatkan berapa harga saham per lembarnya. Anda tinggal klik buy dan masukkan jumlah lotnya. Mengenai berapa minimal pembelian biasanya 1 lotnya berisi 100 lembar saham.

Satu hal lagi yang Anda juga perlu perhatikan adalah tentang waktu. Anda hanya bisa membeli saham ketika bursa saham dibuka yaitu pada hari senin sampai dengan hari jumat di pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB siang di sesi pertama. Kemudian sesi keduanya dibuka mulai pukul 13.30 WIB sampai 16.15 sore hari.

Nah, jika Anda sudah oke untuk membeli saham suatu perusahaan, Anda akan segera diminta memasukkan kode pin Anda. Lakukan semua transaksi sampai tuntas. Jika transaksi memang sudah dinyatakan berhasil, Anda akan dapatkan notifikasinya.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0