Cara Memilih Tenaga Akuntan Bagi Perusahaan

Last modified: Juni 11, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Sama halnya dengan memilih manager perusahaan yang tidak boleh asal – asalan, memilih Akuntan bagi sebuah perusahaan juga tidak boleh asal – asalan.  Salah memilih, itu artinya Anda selangkah mengalami kemunduran karena seorang Akuntan bukan hanya harus mahir pembukuan, melainkan juga harus orang yang teliti dan jujur.

Karena itu jangan sampai Anda salah pilih. Nah, agar Anda tidak sampai mengalami salah pilih, ada beberapa cara memilih akuntan bagi perusahaan yang sangat penting Anda tahu dan pahami. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Cara Memilih Tenaga Akuntan Bagi Perusahaan 

Cari akuntan yang berpengalaman di bidang industri yang sama

Walau dalam dunia pembukuan, kita juga mengenal beberapa elemen universal akan tetapi juga terdapat suatu keterampilan dan juga pengetahuan khusus yang perlu dimiliki oleh seorang pemegang buku dalam bidang industri.

Sebagai contoh, seorang pemegang buku yang mengkhususkan diri pada seorang fotografer akan memiliki berbagai macam keterampilan pembukuan yang tentunya keterampilan pembukuan tersebut akan berbeda dari pemegang buku yang hebat dalam bekerja untuk seorang kontraktor umum.

Jadi, dalam memilih seorang akuntan tak boleh asal. Pilih dan cari seorang Akuntan yang berasal dari bidang industri yang sama dengan bidang industri Anda.

Pilih seorang akuntan yang dapat menjalin interaksi dengan baik

Mempekerjakan seorang akuntan itu artinya sama dengan Anda harus mencari dan menyeleksi tim untuk bekerja. Karena itu, ada baiknya untuk Anda memilih seorang pemegang pembukuan atau Akuntan yang secara teratur dapat meninjau transaksi, melakukan diskusi atas suatu keterlambatan pencatatan dan juga kemungkinan yang akan terjadi dalam pendanaan dan taksiran keuangan.

Jadi dalam menyeleksi seorang untuk menjadi tenaga akuntan baiknya Anda harus mencoba berdiskusi dengan mereka. Atau Anda juga bisa mencoba melakukan konsultasi tentang masalah pembukuan.

Pilih seorang Akuntan yang memiliki sertifikasi

Selayaknya setiap profesi yang membutuhkan kemampuan dengan spesifikasi tertentu, menjadi seorang Akuntan atau pemegang pembukuan juga harus punya kemampuan dengan spesifikasi tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan pencari Akuntan tersebut.

Menjadi seorang Akuntan atau pemegang buku keuangan harus bertanggung jawab atas pencatatan keuangan bisnis yang pastinya butuh kemampuan dan juga pengalaman yang baik dan sesuai apa yang dibutuhkan.

Nah, dalam rangka mencari tahu sejauh mana kemampuan seorang calon Akuntan dalam bisnis Anda, Anda dapat melihat sertifikat pelatihan dan juga keterampilan apa saja yang pernah ia jalani sehubungan dengan profesi yang akan ia ambil. Tentu semakin banyak pelatihan atau sertifikat yang diikuti maka skill yang dimiliki juga semakin besar.

Pastikan memiliki referensi yang terpercaya  

Ketika Anda menyewa seorang Akuntan, maka Anda harus benar – benar mengatasi masalah kerahasiaan dan juga privasi. Termasuk juga tentang perjanjian kerja dengan pengacara supaya terdapat langkah hukum jika kemudian kebocoran informasi keuangan perusahaan pada pihak yang tidak diinginkan terjadi.

Nah, demi mengurangi resiko terjadinya kebocoran informasi keuangan perusahaan oleh seorang Akuntan, cobalah memiliki referensi atau informasi mengenai kualitas, etika, komitmen dan juga akuntabilitas dari orang – orang terpercaya yang ada di sekeliling Anda sebelum Anda memutuskan untuk menyewa jasanya.

Hal ini penting karena seorang pemegang pembukuan yang baik, pastinya akan meninggalkan kesan baik pada orang – orang yang pernah menggunakan jasanya. Jadi, baiknya tanyakan ke kantor tempatnya dulu bekerja apakah ia adalah pribadi yang baik atau tidak. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam memilih seorang tenaga Akuntan.  

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0