Definisi Istilah / Pengertian Pasar Monopoli dan Ciri – Cirinya

Last modified: Juni 17, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Ada beberapa sifat pasar yang berkembang di tengah – tengah kita. Salah satunya sifat pasar yang berkembang di tengah – tengah kita adalah pasar monopoli. Seperti apakah pasar monopoli itu sendiri?

Suatu pasar bisa dikatakan sebagai pasar monopoli atau pasar persaingan tidak sempurna jika di pasar tersebut hanya terdapat satu produsen atau penjual saja. Satu orang produsen atau penjual tersebut berusaha untuk menguasai pasar demi melayani semua konsumen yang datang kepadanya.

Pasar monopoli memiliki beberapa ciri. Mengenai apa saja ciri – ciri pasar monopoli bisa Anda simak dalam informasi di bawah ini!

Ciri – Ciri Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki hanya satu penjual saja

Suatu pasar yang dikatakan sebagai pasar monopoli merupakan pasar yang persaingannya tidak secara sehat seperti pasar pada umumnya. Pasar jenis ini hanya memiliki satu orang produsen saja. Sehingga mengenai harga yang dibanderol atas suatu jenis produk, merupakan harga yang secara langsung dibentuk oleh pihak produsen.

Itu artinya harga yang dibanderol tanpa adanya campur tangan orang lain atau penjual lainnya pada tingkat kompetisi yang sama. Fungsi dari penjual pada pasar monopoli menjadi suatu penentu harga atau sebagai price maker dalam pasar tersebut.

Produsen baru sulit untuk masuk ke pasar monopoli

Pada pasar monopoli yang dikuasai oleh satu pihak saja, produsen mengalami kesulitan untuk bisa masuk ke pasar dan menawarkan dagangannya disana. Hal tersebut karena terdapat suatu hambatan atau rintangan bagi produsen baru yang ingin masuk.

Adapun mengenai hambatan – hambatan tersebut diantaranya meliputi :

  • Pembatasan legalitas yang diatur ke dalam Undang – Undang
  • Hambatan teknologi. Teknologi tinggi yang digunakan menjadikan barang sejenis sulit untuk masuk jika barang sejenis dibuat tidak dengan teknologi yang minimal sama atau diatasnya.
  • Hambatan modal yang besar untuk membuat produk sejenis

Pihak produsen juga menjadi pihak yang menentukan harga

Pada pasar monopoli, pihak produsen memiliki peran yang sangat besar sebagai penentu harga atau sebagai price maker. Akan tetapi produsen tidak dapat memberikan pengaruh harga dan juga output produk lain yang dijual didalam suatu perekonomian.

Tidak ada substitusi atas barang – barang yang diproduksi

Produk yang dijual merupakan barang yang benar – benar merupakan barang kebutuhan masyarakat luas. Hal tersebut menjadikan barang – barang yang beredar tidak memiliki substitusi atau pengganti yang sejenis. Hal tersebut menjadikan tingkat permintaan atas barang yang bersangkutan menjadi tidak mengalami angka fluktuasi atau pun penurunan.

Selain itu, tidak ada juga perusahaan yang mampu menyediakan barang substitusinya dengan baik. Hal ini menjadikan produsen pada pasar monopoli akan mendapatkan banyak permintaan dari pihak konsumen.

Produsen tidak melakukan upaya – upaya promosi

Karena pihak produsen merupakan pihak yang tidak memiliki pesaing, tidak ada produk sejenis yang beredar, tidak ada substitusinya juga sehingga hal tersebut menjadikan produsen tidak perlu melakukan promosi.

Pada pasar monopoli, biaya iklan dan biaya promosi dapat ditekan. Perusahaan tidak perlu mengiklankan brand karena sudah menjadi pasar penguasa atau monopoli. Sehingga menjadikan konsumen terpaksa harus membeli barang kepada penjual karena memang barang alternatif tidak ada.

Jadi, ada banyak keuntungan produsen yang berhasil menguasai pasar di pasar monopoli karena itu pasar monopoli disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna. Jika ada pasar dengan ciri – ciri seperti yang disebutkan diatas, maka besar kemungkinan bahwa pasar tersebut bisa dikatakan sebagai pasar monopoli.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0