-0.9 C
New York City
Selasa, Januari 21, 2020

Definisi Perusahaan Sekuritas

Last modified: Mei 20, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Setiap orang dapat berinvestasi dan menjadi investor jika menemukan pasar modal yang cocok atau sesuai dengannya. Namun, bagaimana cara menemukan pasar modal jika calon investor tidak mengetahui pasar modal yang tepat? Perusahaan sekuritas hadir untuk menjawab pertanyaan tersebut. Lantas, apa yang dimaksud dengan perusahaan sekuritas? Berikut akan disajikan definisi perusahaan sekuritas, broker di dalamnya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan terkait perusahaan sekuritas.

Definisi perusahaan sekuritas adalah salah satu anggota  bursa efek yang berada di bidang transaksi sekuritas atau jual beli efek. Dalam praktiknya, perusahaan ini memiliki lisensi khusus sebagai perantara yang menjembatani antara pasar modal dan investor.

Jenis-Jenis Broker Didalam Perusahaan Sekuritas

To top

Dalam menjalankan tugasnya, perusahaan sekuritas memiliki broker atau pialang. Pialang atau broker inilah yang bekerja menjadi jembatan antara investor dan pasar modal dengan cara memberikan rekomendasi. Rekomendasi yang diberikan oleh seorang broker merupakan hasil riset dan analisis, seperti aktivitas pasar, analisis ekonomi, dan analisis pasar. Terdapat tiga jenis broker dalam perusahaan sekuritas, yaitu sebagai berikut.

Broker dengan Jasa Penuh atau Full Service Broker

Biaya broker ini cukup mahal, tetapi sebanding dengan jasa yang ditawarkannya. Jasa broker ini sangatlah lengkap, sehingga cocok bagi investor yang sibuk ataupun investor yang kurang banyak pengetahuan mengenai pasar modal. Pelayanan yang ditawarkan juga cukup banyak, seperti informasi, hasil analisis pasar modal, sampai pada pelaksanaan amanah dari investor.

Discount Broker atau Biasa Disebut Broker Jasa Tak Penuh

Meskipun jasa yang diberikan oleh broker ini tidak sebanyak broker jasa penuh Namun, broker jasa tak penuh memberikan beberapa pelayanan yang cukup. Oleh sebab itu, broker ini sangat cocok bagi investor yang telah memiliki pengetahuan tentang pasar modal.

Deep Discount Broker

Biaya broker ini sangatlah terjangkau dibandingkan dengan broker-broker sebelumnya. Deep Discount Broker menyediakan layanan di antaranya adalah pengolahan dan pemeliharaan rekening nasabah serta pelaksanaan jual beli.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Perusahaan Sekuritas

To top

Mengetahui pengertian dan jenis-jenis broker yang bekerja di dalamnya tidaklah cukup dijadikan pertimbangan dalam memilih sebuah perusahaan sekuritas. Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memilih perusahaan sekuritas, di antaranya sebagai berikut.

  1. Reputasi dan Pengalaman

Reputasi perusahaan sekuritas dapat dilihat dari minimnya jumlah sanksi dan pelanggaran yang dilakukan. Selain itu, kinerja juga akan menunjukkan reputasi suatu perusahaan sekuritas. Pengalaman sebuah perusahaan sekuritas dapat dilihat dari seberapa lama perusahaan tersebut berdiri.

Perusahaan sekuritas yang berpengalaman akan memberikan pelayanan yang baik pada investor. Informasi mengenai reputasi dan pengalaman perusahaan sekuritas bisa didapatkan dengan bertanya kepada investor-investor yang lebih berpengalaman dengan banyak perusahaan sekuritas.

  1. Kompetensi

Hasil analisis dari research analyst yang direkomendasikan oleh broker pada investor sangatlah menentukan kompetensi dari perusahaan sekuritas. Semakin tinggi dan tepat analisis yang diberikan, maka semakin baik pula reputasi suatu perusahaan sekuritas.

  1. Biaya

Memilih perusahaan sekuritas dengan biaya rendah, tetapi dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik sangatlah penting. Selain itu, jumlah setoran deposit minimal pada perusahaan sekuritas haruslah diperhatikan.

  1. Perizinan

Perusahaan yang dipilih haruslah legal dan pialang di dalamnya juga memiliki izin dari Badan pengawas pasar modal (Bapepam). Perizinan tersebut akan sangat membantu jika terjadi kesalahan atau penipuan yang merugikan investor. Perizinan yang harus dimiliki pialang adalah: Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE), Wakil Manajer Investasi (WMI) dan Wakil Penjamin Emis Efek (WPEE).

  1. Modal dan Likuiditas

Perusahaan dengan modal yang besar dapat melakukan banyak transaksi dan aktivitas bisnis. Selain itu, perbandingan antara aset lancar dan aset tetap juga harus dipertimbangkan. Aset lancar (tunai dan efek) digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan sekuritas. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa perusahaan sekuritas dengan aset tetap yang besar kuranglah baik.

Demikian informasi mengenai pengertian, broker dan jenisnya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih terkait perusahaan sekuritas. Semoga informasi ini dapat memberikan pengetahuan bagi banyak investor maupun calon investor dalam mencari perusahaan sekuritas yang baik guna menemukan pasar modal yang tepat.

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 38