-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Fungsi Pasar Modal Secara Umum

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Fungsi Pasar Modal Secara Umum

Secara umum, pasar modal merupakan suatu tempat yang digunakan untuk memperdagangkan surat – surat berharga dimana pihak – pihak yang saling terkait seperti halnya bank komersial, perusahaan dan juga semua lembaga perantara di bidang keuangan berada didalamnya.

Surat – surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu surat berharga yang sifatnya adalah sebagai utang, dan juga surat berharga yang sifatnya adalah sebagai harta atau kepemilikan.

Surat berharga yang bersifat utang dikenal dengan istilah obligasi, sementara surat berharga yang sifatnya adalah kepemilikan dikenal dengan istilah saham. Keduanya merupakan bagian yang diperdagangkan di pasar modal. Lantas, secara umum apakah fungsi pasar modal yang sebenarnya?

Fungsi Pasar Modal Secara Umum

Menjadi sarana penambah modal bagi usaha

Suatu perusahaan dapat memperoleh dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Nah, karena itu semakin besar modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka bisa dipastikan bahwa semakin besar juga potensi keuntungan yang akan didapatkan dengan trik – trik tertentu untuk menjual saham ketika saham dijual di pasar modal.

Saham – saham tersebut nantinya akan dibeli oleh masyarakat secara umum dimana perusahaan yang lain, lembaga atau pemerintah semuanya juga bisa membeli saham yang dijual dan di edarkan di bursa saham.

Sebagai sarana pemerataan pendapatan

Setelah jangka waktu tertentu, saham – saham yang sudah dibeli akan memberikan deviden atau bagian dari keuntungan perusahaan kepada para pembelinya atau pemiliknya. Karena itu, penjualan saham melalui pasar modal bisa dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.

Mengenai jumlah dari deviden yang dibagikan antara masing – masing pemegang saham memang tidaklah sama jumlahnya. Hal tersebut karena masing – masing pemegang saham memiliki nilai saham yang berbeda pada masing – masing sekuritas dan masing – masing sekuritas juga punya nominal atau presentase deviden yang berbeda dengan yang lainnya. Karena itu deviden jumlahnya tidaklah pernah sama.

Menjadi sarana peningkatan kapasitas produksi

Dengan terdapatnya tambahan modal yang didapatkan dari pasar modal, maka hal tersebut menjadikan produktivitas perusahaan juga akan mengalami peningkatan. Keberadaan pasar modal sendiri dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri yang lain dimana dampaknya sangat besar atas terciptanya suatu lapangan kerja baru.

Menjadi sarana peningkatan pendapatan negara

Mereka yang memiliki saham di perusahaan sekuritas tertentu, mereka memiliki hak untuk mendapatkan pembagian deviden. Nah, setiap deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham tersebut nantinya oleh pemerintah akan dikenakan pajak. Melalui pajak, pendapatan negara akan mengalami peningkatan dan tambahan pemasukan melalui pajak juga bisa dirasakan oleh negara.

Menjadi indikator bagi perekonomian negara

Aktivitas dan juga volume penjualan atau pembelian di pasar modal yang semakin mengalami peningkatan memberikan indikasi bahwa suatu aktivitas bisnis yang dilakukan oleh berbagai perusahaan dapat berjalan dengan semakin baik.

Pun begitu sebaliknya, aktivitas dan juga volume penjualan atau pembelian saham yang terjadi dan terselenggara di pasar modal dan jika jumlahnya semakin mengalami penurunan, hal tersebut memberikan suatu indikasi bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan kurang baik pada akhirnya.

Itulah fungsi pasar modal secara umum yang penting untuk Anda tahu dan pahami. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda. Mari mulai memahami tentang saham dan mulai menabung saham untuk masa depan keuangan yang lebih cerah.

 

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 3