Fungsi Rekening Koran yang Harus Anda Tahu

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam dunia perbankan, kita mengenal istilah rekening koran. Apakah yang dimaksud rekening koran? Rekening koran merupakan suatu ringkasan transaksi keuangan yang sudah terjadi pada periode tertentu di rekening bank yang dimiliki oleh suatu individu atau perusahaan yang berada di suatu lembaga keuangan.

Secara umum rekening koran dicetak secara berkala dan kemudian dikirim langsung ke pihak pemegang rekening atau hanya dicetak atas permintaan dari pemegang rekening saja. Ada beberapa fungsi dari rekening koran. Mengenai seperti apa fungsi tersebut akan kami ulas dalam informasi di bawah ini!

Fungsi Rekening Koran

Digunakan untuk mengajukan visa

Persyaratan yang biasanya diminta akan menyertakan berbagai macam dokumen yang dinilai bisa memberikan informasi serta menggambarkan tentang kondisi finansialnya seperti halnya surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (PPh) 21, slip gaji, surat pajak bumi dan bangunan serta juga daftar riwayat transaksi yang dilakukan selama 3 atau 6 bulan terakhir yang bisa Anda dapatkan dari percetakan rekening koran.

Cari tahu ringkasan transaksinya

Fungsi dari rekening koran pada dasarnya sama halnya dengan buku tabungan yaitu digunakan untuk menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu. Umumnya dalam kurun waktu 3 bulan. Informasi yang terdapat pada rekening koran sendiri berisi mengenai informasi tentang jumlah saldo awal akhir bulan, arus debit kredit, bunga bank dan juga biaya administrasi yang dibebankan.

Sebuah rekening koran memiliki beberapa kelebihan. Diantara kelebihan rekening koran yaitu bukan hanya mencantumkan tanggal, waktu seperti yang terdapat di buku tabungan akan tetapi juga menjadi pesan yang dicantumkan ketika transaksi dilakukan dan hal detail yang lainnya ditanyakan.

Digunakan sebagai bentuk pembuktian hukum

Saat ini memang seringkali terjadi masalah hukum tentang sebuah transaksi. Sebagai contoh kasus, ketika Anda melakukan kegiatan belanja secara online dengan pembayaran secara transfer. Akan tetapi toko online yang menjual barang merasa tidak pernah menerima transfer tersebut.

Maka, untuk keperluan complain Anda dapat menggunakan rekening koran sebagai buktinya. Disana juga terdapat berbagai macam catatan yang menjadi bukti bahwa sebuah transfer sudah atau belum dilakukan. Jika ada transaksi yang tidak komplit, transaksi yang tercantum pada rekening koran juga bisa menjadi bentuk buktinya.

Syarat untuk mengajukan pinjaman ke pihak bank

Biasanya sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya perlu modal tambahan. Karenanya beberapa perusahaan akan mengajukan pinjaman modal usaha ke pihak bank.

Hal ini juga tentu membutuhkan histori atau riwayat transaksi yang baik sebagai sebuah bentuk dokumen permohonan pinjaman. Pemohon biasanya diharuskan untuk menunjukkan bukti aktivitas transaksi dengan cara menunjukkan bukti rekening koran yang ia punya.

Ikuti lelang

Bagi Anda yang tertarik mengikuti program lelang, Anda juga akan diminta rekening koran. Utamanya jika lelang yang dimaksud adalah lelang proyek milik swasta atau proyek pemerintah. Nantinya peserta lelang wajib memberikan bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan jumlah saldo yang terdapat di rekeningnya. Jangan Anda lupa juga untuk melampirkan rekening koran dalam dokumen persyaratan lelang.

Lakukan audit atas keuangan perusahaan

Sebagai perusahaan, rekening koran sangat penting. Fungsi dari rekening koran sendiri adalah untuk melakukan rekapitulasi daftar keuangan baik itu yang berupa transaksi arus kas masuk dan arus kas keluar. Jadi jika ada suatu hal yang tidak wajar terjadi pada transaksi rekening perusahaan, hal tersebut nantinya dapat sesegera mungkin diproses.

Itulah berbagai macam fungsi rekening koran dan syarat pengajuan rekening koran yang Anda harus tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 1