-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Jenis Buku Besar Dalam Akuntansi Keuangan

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam akuntansi keuangan, siklus akuntansi terbagi ke dalam berbagai macam tahapan yang dimulai dari identifikasi bukti transaksi sampai dengan penyusunan laporan keuangan dan laporan penutup. Setelah melakukan proses identifikasi atas bukti transaksi dan memasukkannya ke dalam jurnal, dilakukan penggolongan akun pada jurnal.

Nah, kegiatan menggolongkan akun transaksi yang sudah tercatat di jurnal dilakukan di buku besar. Buku besar sendiri memiliki beberapa jenis. Ada buku besar utama, dan buku besar pembantu. Buku besar pembantu sendiri masih terbagi ke dalam dua jenis lagi yaitu buku besar pembantu utang dan buku besar pembantu piutang.

Agar lebih memahami tentang jenis – jenis buku besar dalam akuntansi keuangan, Anda bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini. Check these out!

Jenis Buku Besar Dalam Akuntansi Keuangan

Buku besar umum

Buku besar umum merupakan buku besar yang berisi tentang semua perkiraan yang ada didalam suatu periode tertentu seperti halnya piutang usaha, kas, persediaan utang usaha dan juga modal. Perkiraan – perkiraan tersebut saling berdiri sendiri dan memiliki fungsi untuk mengikhtisarkan pengaruh transaksi atas perubahan kewajiban, aktiva dan juga modal bagi sebuah perusahaan.

Pencatatan yang dilakukan ke buku besar umum dilakukan secara berkala atau setiap akhir bulan atas dasar jurnal khusus atau dari hasil rekapitulasi jurnal khusus. Kegiatan pemindahan pencatatan tersebut dikenal dengan istilah posting. Adapun langkah – langkah posting dari jurnal khusus ke buku besar umum sebagai berikut ini :

  • Melakukan penutupan jurnal khusus yang dilakukan dengan cara menjumlahkan angka dalam kolom masing – masing perkiraan.
  • Memindahkan ke buku besar dari hasil penjumlahan agar sesuai dengan perkiraan yang digunakan baik yang di debet atau di kredit.
  • Mengisi kolom ref pada jurnal khusus dengan cara memberikan tanda cek atau nomor kode perkiraan serta mengisi kolom ref di buku besar dengan nomor halaman jurnal.
  • Bentuk buku besarnya sama dengan buku besar yang lazimnya dipergunakan dalam pencatatan akuntansi.
  • Tanggal posting yang digunakan yaitu tanggal akhir bulan dari bulan yang bersangkutan.

Buku besar pembantu

Buku besar pembantu juga sering disebut dengan buku tambahan yaitu merupakan sekelompok rekening yang secara khusus mencatat tentang perincian piutang usaha dan utang usaha yang fungsinya adalah untuk memberikan informasi yang lebih akurat dan lebih mendetail.

Buku besar pembantu sendiri jenisnya tidak hanya satu melainkan terbagi ke dalam dua jenis, yaitu :

Buku besar pembantu piutang usaha

Buku besar pembantu piutang usaha disediakan secara khusus untuk merinci langganan kredit. Buku besar ini digunakan untuk mencatat kepada siapa saja perusahaan melakukan transaksi penjualan kredit, dimana alamat orang tersebut dan berapa jumlah kreditnya.

Secara keseluruhan perubahan piutang dicatat di bagian perkiraan piutang yang terdapat di buku besar umum sebagai perkiraan induk. Sementara perubahan jumlah saldo utang kepada masing – masing langganan dicatat di bagian perkiraan masing – masing dalam buku besar pembantu piutang.

Buku besar pembantu utang

Buku besar ini disediakan secara khusus untuk mencatat masing – masing pemasok secara lebih terperinci dimana banyaknya ditentukan oleh banyaknya pemasok yang memberikan pinjaman kredit baik yang berupa barang dagangan atau aktiva yang lain.

Sama halnya didalam buku piutang, dalam buku utang pun keadaan utang pada masing – masing pemasok dicatat dalam suatu daftar sendiri – sendiri. Perubahan utang secara menyeluruh dicatat di perkiraan utang dalam buku besar umum, sementara perubahan utang pada masing – masing orang dicatat di perkiraan pada buku besar pembantu utang.

Itulah jenis buku besar dalam akuntansi keuangan yang Anda harus pahami dan pelajari. Identifikasi sebaik mungkin transaksi dan masukkan ke buku besar secara tepat.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 1