Manfaat Laporan Keuangan Bagi Sebuah Perusahaan

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Bagi sebuah perusahaan atau bisnis, laporan keuangan kehadirannya sangat penting. Laporan keuangan seperti sebuah tonggak yang menopang tubuh perusahaan dan menjadi kompas keuangan bagi perusahaan yang memandu arah akan dibawa kemana perusahaan tersebut di periode yang akan datang.

Karena itu, memiliki seorang akuntan baik itu akuntan keuangan, akuntan biaya, akuntan manajemen dan bahkan seorang akuntan perpajakan sangat penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa semua itu perusahaan tidak akan pernah tahu cermin bagi keuangannya sendiri.

Agar semakin membuka pikiran dan wawasan kita tentang pentingnya laporan keuangan bagi sebuah perusahaan, disini kami akan berbagi informasi tentang manfaat laporan keuangan bagi sebuah perusahaan. Anda bisa simak dan cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Sebuah Perusahaan

Menjadi bahan untuk melakukan evaluasi

Dalam kehidupan ini kita perlu suatu evaluasi demi kemajuan dan keberlangsungan hidup kita yang jauh lebih baik entah secara individu atau secara kelompok. Dengan adanya laporan keuangan tersebut kita juga dapat melakukan instropeksi diri.

Apa saja yang menjadi kekurangan kita selama ini, apa saja yang menjadi kelalaian kita dan sudah benar atau tidak penggunaan dana yang ada di tangan kita semuanya dievaluasi dalam laporan keuangan. Dengan demikian semuanya akan jauh lebih baik dan kita dapat lebih berhati – hati dalam penggunaan dana yang ada sehingga nantinya kita dapat memanajemen keuangan lebih baik supaya mampu memberikan manfaat bagi semuanya.

Selain itu dengan begitu kita juga bisa tahu prospek lembaga kita selama ini dan apakah menunjukkan kemajuan atau kemrosotan. Hal ini juga semuanya dapat dilihat dari laporan keuangan yang disajikan.

Sebagai bahan pertanggungjawaban

Suatu laporan keuangan dibuat untuk melakukan pertanggungjawaban bagi kita yang memiliki dana dan atau menjalankan dana yang diberikan. Pembuatan laporan keuangan sendiri menjadi sebuah bentuk tanggung jawab dari kita.

Semua hal yang kita lakukan dipertanggungjawabkan di laporan keuangan. Kita sudah apakan dana yang kita miliki, untuk apa saja dana yang kita miliki dan sebagainya semuanya dipertanggungjawabkan dalam laporan keuangan.

Sebagai acuan dalam pengambilan sebuah keputusan

Laporan keuangan sendiri merupakan suatu alat yang dapat digunakan menjadi indikator, acuan atau dasar dalam mengambil sebuah keputusan. Utamanya bagi para pemimpin perusahaan hal tersebut sangat penting.

Dengan adanya laporan keuangan tersebut, mereka harus dengan sesegera mungkin mengambil keputusan. Jika memang kemudian ada kelebihan dana mau diapakan dan jika kekurangan dana mau diapakan, apakah kita akan melakukan pengeluaran ataukah tidak melakukan pengeluaran untuk kelangsungan lembaga yang dipimpin, semua itu sangatlah penting diperhatikan.

Menjadi sebuah terobosan baru

Hadirnya laporan keuangan memang memberikan peluang bagi kita dan kita selalu bisa open minded pada akhirnya dengan semua hal yang ada. Dengan melihat laporan keuangan juga, kita bisa tahu apa yang kita harus lakukan. Ketika sebuah laporan keuangan memadai kita tidak perlu berpikir terlalu keras.

Yang kita perlu dan harus lakukan adalah mengembangkan produktivitas harian agar hasilnya di periode yang akan datang, laporan keuangannya jauh lebih baik lagi. Jika kekurangan dana kemudian terjadi, ada kemungkinan diantara kita akan berpikir tentang bagaimana caranya mencari sebuah terobosan baru dalam upaya meningkatkan pendapatan atau dana yang dimiliki. Beberapa cara yang kemudian dilakukan seperti mengadakan kegiatan lelang, bazaar atau berbagai macam alternatif yang lainnya demi tujuan memperbaiki laporan keuangan.

Selain itu, laporan keuangan juga semakin memudahkan dalam mengetahui dan menghitung pajak yang harus dibayarkan. Itulah berbagai macam manfaat laporan keuangan bagi sebuah perusahaan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0