Manfaat Pelaporan Pajak Secara Online Bagi Wajib Pajak

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam mewujudkan misi menuntaskan masalah perpajakan di Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak kemudian menerapkan pelaporan SPT secara online oleh wajib pajak.

Tentunya pelaporan pajak secara online oleh wajib pajak ini sangat penting tidak hanya untuk membantu negara dalam pemungutan pajak, melainkan juga membuat wajib pajak bisa melaporkan pajak kapan saja dan dimana saja tanpa mengganggu aktivitas hariannya.

Bagi Anda yang masih belum merasakan manfaat pelaporan pajak secara online, disini kami akan berikan ulasan informasinya untuk Anda. Check these out!

Manfaat Pelaporan Pajak Secara Online Untuk Wajib Pajak

Bayar pajak jadi lebih cepat dan mudah

Melakukan pelaporan pajak secara online memang suatu langkah cepat dan akurat untuk memangkas waktu. Anda dapat secara langsung mengisi formulir SPT yang ada di internet dan kemudian mengirimkannya di saat itu juga. Pun begitu dengan SPT yang dikirimkan maka Anda akan langsung mendapatkan tanda terimanya.

Jika kemudian Anda masih merasa bingung ketika mengisi formulir, Anda akan diberikan petunjuk yang jelas dimana hal ini akan mengurangi tingkat kesalahan yang bisa terjadi jika memang Anda melakukan semua prosedur pelaporan secara manual. Semuanya serba terarah dan terintegrasi pastinya.

Bayar pajak lebih akurat dan lebih aman 

Dalam setiap upaya pengisian formulir SPT akan dilakukan langkah validasi. Hal ini dilakukan demi menjamin ketepatan dana yang dimasukkan selama pelaporan pajak berlangsung. Anda juga tak perlu merasa khawatir jika memang ada yang keliru ketika pengisian berlangsung karena sistem online kini sudah benar – benar dibuat seakurat mungkin.

Data SPT yang Anda sampaikan secara online tersebut akan sampai tanpa perantara. Hal yang semacam ini dapat menjamin bahwa tingkat kerahasiaan data akan tetap dalam kondisi aman.

Bayar pajak lebih murah dan lebih ramah lingkungan

Melakukan upaya pelaporan SPT secara online artinya Anda hanya perlu membayar biaya akses internet saja tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya transportasi ke KPP. Selain itu, dengan Anda melakukan pelaporan pajak secara online, Anda juga telah melakukan kontribusi dan mendukung kegiatan go green dengan cara tidak menggunakan kertas untuk mencetak data – data SPT.

Laporan pajak bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja

Melakukan laporan pajak secara online tidak akan terikat waktu seperti ketika Anda melakukannya secara manual di KPP. Hanya dengan bermodalkan computer atau jaringan internet atau laptop saja, Anda sudah bisa melakukan pelaporan pajak secara online kapan saja dan dimana saja Anda membutuhkannya.

Bayar pajak jauh lebih tepat dengan default otomatis

Dengan pembayaran pajak online, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan upaya perhitungan, kecuali untuk hal – hal tertentu yang memang belum disediakan di platform online tersebut.

Adanya fitur e-filing CSV

Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan upaya pemindahan data file CSV pelaporan dari e-SPT ke aplikasi online pajak secara otomatis. Kemudian selanjutnya berkas e-filing dapat dilakukan hanya dengan satu kali klik saja.

Ketersediaan fitur e-filing bulk upload

Bagi sebuah perusahaan berskala besar, online pajak hadir menyediakan fitur e-filing bulk upload yang memungkinkan bagi pengguna untuk mengunggah banyak data CSV pelaporan sekaligus. Hal ini juga untuk berbagai jenis SPT dan NPWP perusahaan secara otomatis dan melakukan kegiatan pelaporan pajak online secara praktis.

Itulah berbagai manfaat pelaporan pajak secara online bagi wajib pajak yang penting diketahui. Jadi, jangan lupa untuk setiap wajib pajak menunaikan kewajiban membayar pajak yang sudah bisa dilakukan lebih mudah dengan sistem online.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0