Mengenal Apa Itu Agio Saham Lebih Dekat

Last modified: Mei 21, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Apa itu Agio saham? Agio saham merupakan kekayaan bersih yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Agio saham diperoleh dari hasil penilaian atau penjualan saham di atas nominalnya. Dengan kata lain merupakan hasil dari selisih antara harga jual dengan harga beli suatu saham yang beredar di masyarakat umum.

Contoh dari agio saham adalah seperti ini Diketahui harga jual suatu saham sebesar Rp 12.000 per lembar sedangkan nilai nominalnya hanya Rp 5.000 per lembar. Berdasarkan informasi tersebut, maka diketahui harga agio saham yang tercatat sebesar Rp 7.000 per lembar sahamnya.

Definisi Agio Saham

To top

Berdasarkan penjelasan yang telah disebutkan, agio saham memiliki tiga definisi yang harus dipahami terlebih dahulu untuk lebih memahami apa itu Agio saham. Adapun definisi dari agio saham tersebut yaitu.

  • Hasil lebih yang diperoleh dari selisih antara harga jual dengan harga beli suatu saham. Agio saham juga merupakan pertukaran antara uang logam emas atau perak dengan uang kertas dalam valuta.
  • Selisih lebih dengan nilai tukar yang digunakan baik untuk instrumen efek maupun mata uang asing. Agio saham juga dapat didefinisikan sebagai nilai penyusutan nilai mata uang yang disebabkan karena aus.
  • Perolehan yang didapat karena adanya setoran lebih modal yang diterima oleh bank pada saat penerbitan saham karena nilai nominal yang lebih rendah dibandingkan harga pasar saham.

Ilustrasi Mengenai Agio Saham

To top

Mungkin belum semua orang mengenal apa itu agio saham terlebih dikalangan investor karena agio saham hanya berkaitan dengan perusahaan itu sendiri. Nilai agio saham ditentukan berdasarkan kesepakatan pendiri saat perusahaan yang bersangkutan resmi didirikan.

Selain itu, nilai agio saham bisa mengalami perubahan tergantung kegiatan operasional yang berpengaruh terhadap keadaan perusahaan. Untuk lebih memahami apa itu sebenarnya agio saham, ada beberapa ilustrasi yang akan diberikan.

Awal Pembentukan Perusahaan

To top

Suatu perusahaan berbentuk PT baru didirikan oleh 5 orang misalkan saja A, B, C, D, E dengan modal dasar sebesar Rp 100 miliar. Kelima orang tersebut sepakat untuk menyetor modal awal Rp 10 miliar per orangnya. Sehingga diketahui modal dasar Rp 100 miliar, modal disetor Rp 50 miliar, dan modal dicadangkan Rp 50 miliar.

Karena modal dicadangkan sebesar Rp 50 miliar, kelima orang tersebut menyepakati bahwa saham yang akan dibentuk diberi nominal Rp 1.000 per lembar saham. Setiap orang akan mendapatkan 10 juta lembar saham dan merupakan saham yang belum beredar atau dikenal dengan sebutan saham dalam portepel.

Dari perhitungan tersebut, maka pada bagian laporan keuangan perusahaan akan tertulis modal Rp 50 miliar, laba ditahan Rp 0, agio saham Rp 0, sehingga diperoleh total ekuitas sebesar Rp 50 miliar.

Kegiatan Operasional Perusahaan

Setelah tiga tahun perusahaan yang dibentuk menjalani kegiatan operasional, diperoleh keuntungan sebesar Rp 75 miliar. Keuntungan yang diperoleh tersebut tidak diambil oleh pemegang saham sebagai dividen namun dijadikan laba ditahan. Jadi dalam neraca keuangan perusahaan diperoleh modal Rp 50 miliar, laba ditahan Rp 75 miliar, agio saham Rp 0, dan diperoleh total ekuitas Rp 125 miliar.

Ekspansi Perusahaan

Melihat perkembangan perusahaan yang baik, maka diajukan usul untuk melakukan ekspansi yang membutuhkan nilai investasi mencapai Rp 200 miliar. Jika pemegang saham tidak ingin menyuntik modal tambahan untuk ekspansi. Jadi diputuskan sisa saham yang terdapat di portepel sebanyak 50 juta lembar akan dijual dengan harga Rp 5.000 per lembar sahamnya.

Jika terdapat selisih antara nilai jual saham portepel dengan nilai nominal saham sebesar Rp 4.000. Nanti jumlah selisih tersebutlah yang dinamakan dengan agio saham. Nantinya dalam neraca keuangan perusahaan diperoleh modal Rp 100 miliar, laba ditahan Rp 75 miliar, agio saham Rp 200 miliar. Untuk hasilnya diperoleh total ekuitas Rp 325 miliar.

Demikianlah informasi mengenai agio saham yang harus dipahami. Meskipun agio saham tidak berpengaruh terhadap investor secara langsung, namun penting untuk mengerti dan memahami apa itu agio saham.

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 29