Mengenal Definisi Deflasi Beserta Penyebab & Dampaknya

Last modified: Mei 20, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Definisi Deflasi yaitu penurunan suatu harga yang terjadi secara terus menerus namun dalam jangka waktu yang singkat. Kebalikan dari deflasi adalah inflasi dimana terjadi kenaikan harga secara umum. Dampak terburuk dari deflasi selain membuat harga turun yaitu upah kerja juga mengalami penurunan. Konsep yang dimiliki deflasi sendiri hampir mirip dengan disinflasi atau penurunan angka inflasi.

Faktor Penyebab Deflasi

To top

Penyebab terjadinya deflasi dikarenakan adanya penurunan jumlah uang atau uang deposito yang beredar sedangkan jumlah jasa atau barang mengalami kenaikan. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya beberapa faktor berikut ini:

  1. Produksi Barang Yang Sama Secara Berlebihan

Deflasi terjadi karena banyaknya produsen yang memproduksi suatu produk yang sama dalam jumlah yang berlebih, hal tersebut menyebabkan persaingan yang ketat di pasaran. Persaingan yang ketat inilah yang membuat masing-masing produsen menakan harga barangnya serendah mungkin untuk menarik hati konsumen. Akibatnya harga yang ditawarkan di pasaran menjadi lebih rendah dari sebelumnya.

  1. Inovasi Dalam Proses Produksi

Dalam proses produksi tugas yang paling penting adalah membuat proses produksi seefektif mungkin agar dapat menekan biaya produksi itu sendiri. Dengan begitu produk yang ditawarkan di pasaran menjadi lebih rendah.

  1. Kebijakan Yang Dibuat Oleh Bank Sentral Atau Pemerintah

Kebijakan yang dibuat oleh Bank Sentral membuat penurunan jumlah uang sehingga terjadi deflasi. Misalnya saja deflasi yang terjadi di Amerika Serikat akibat adanya kebijakan The Fed. Selain itu kebijakan yang ditetapkan Pemerintah juga dapat mebyebabkan deflasi, seperti pada 2010 lalu di Spanyol menggalangkan program penghematan untuk memangkas berbagai biaya.

Dampak Adanya Deflasi

To top

Dengan terjadinya deflasi maka harga sebuah produk akan menurun, sebagai orang awam hal tersebut terdengar menyenangkan. Namun terjadinya deflasi membawa dampak seperti berikur ini.

  1. Pendapatan Menurun

Dalam sektor industri, perdagangan, manufaktur, atau jasa pasti menginginkan barang yang diproduksi terjual dengan maksimal. Maka mereka akan menurunkan harga produknya untuk memenangkan persaingan dagang. Jika hal ini berlanjut dalam kurun waktu yang lama, maka banyak pelaku bisnis yang terpaksa bangkrut karena tidak adanya biaya produksi.

  1. Penurunan Gaji

Deflasi tidak hanya berpengaruh kepada pelaku bisnis saja, namun karyawan yang bekerja di dalamnya juga terkena imbas dari deflasi. Seperti penjelasan poin pertama, tidak ada biaya produksi maka keuntungan bisnis akan berkurang ata bahkan merugi. Sehingga berdampak pada penurunan gaji, atau akan terjadi PHK pada karyawan yang kurang berfungsi.

  1. Timbulnya Budaya Konsumtif

Ketika harga yang dipasarkan mengalami penurunan maka keinginan konsumen untuk membeli barang-barang akan melonjak secara drastis. Di samping itu terjadi penurunan gaji serta PHK yang dilakukan oleh pelaku bisnis, yang membuat keinginan berbelanja konsumen menurun drastis juga. Jika hal ini terus terjadi maka perekonomian di Negara yang mengalami deflasi akan semakin tidak terkendali.

  1. Menurunnya Investasi Dan Harga Saham

Kondisi perusahaan sangat mempengaruhi fluktuasi pada pasar modal. Apabila keuntungan perusahaan menurun drastis maka investor akan menarik sahamnya sampai kondisi kembali normal. Hal ini menyebabkan harga saham dan investasi menurun secara drastis.

  1. Menurunnya Iklim Kredit

Terjadinya penurunan gaji serta PHK yang diterima, menyebabkan kreditur kesulitan untuk memenuhi pinjamannya. Hal ini tentu berpengaruh kepada turunnya perusahaan-perusahaan yang memberikan pinjaman.

Jangan terlalu senang jika deflasi terjadi karena harga-harga akan menurun. Pasalnya deflasi atau inflasi yang terjadi secara berlebihan justru tidak baik untuk seluruh sektor. Oleh sebab itu menjaga perekonomian agar tetap stabil merupakan tugas yang sangat penting.

Demikian tadi mengenai definisi Deflasi beserta penyebab dan dampaknya. Adanya deflasi yang besar dapat menyebabkan penurunan pendapatan.

 

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 9