Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Pialang Asuransi

Last modified: Juni 17, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Semakin zaman ini tersentuh dengan peradaban modern dengan pola pikir yang semakin paham tentang pentingnya menata masa depan, saat itulah produk – produk asuransi semakin diminati. Dengan semakin banyaknya produk asuransi yang diminati, semakin orang juga membutuhkan jasa pialang asuransi.

Lantas, apakah pialang asuransi sebenarnya?

Pialang asuransi merupakan suatu perusahaan yang memberikan jasa perantara dalam penutupan asuransi dan penanganan penyelesaian ganti rugi asuransi yang bertindak sesuai dengan kepentingan pihak tertanggung.

Seorang pialang, dilarang bagi mereka untuk menempatkan penutupan asuransi terhadap perusahaan asuransi yang tidak memiliki izin usaha dari menteri. Lebih lengkapnya tentang apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang pialang asuransi, berikut informasinya!

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Pialang Asuransi

Pialang asuransi memiliki tugas yang diatur dalam Undang – Undang. Adapun tugas seorang pialang asuransi diantaranya :

  • Melakukan langkah identifikasi atas segala bentuk usaha penghilangan, pengurangan dan menghindarkan resiko tersebut terjadi.
  • Seorang pialang asuransi harus memiliki kesiapan dan mampu membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan paling kompetitif.
  • Membantu dalam memilihkan penanggung bagi pihak tertanggung atau client asuransi yang aman
  • Mampu menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi atau pihak penanggung dengan client asuransi atau penanggung.
  • Selama polish berjalan, maka pialang asuransi memiliki tanggung jawab dalam menjalankan risk inspection dan juga administrasi program, juga termasuk melakukan claim management servicenya.
  • Pihak yang berprofesi sebagai pialang asuransi, dalam satu waktu tertentu harus mampu menjalankan langkah negosiasi klaim atas nama pihak tertanggung.
  • Mampu melakukan kegiatan administrasi dan penelitian asuransi

Mengenai apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang pialang asuransi, tanggung jawabnya  yang harus dijalankan sebagai berikut :

  • Seorang pialang asuransi memiliki tanggung jawab untuk mengenalkan calon client dengan berdasarkan atas suatu strategi manajemen resiko yang dipunya. Dengan begitu rencana asuransi yang akan dipilih dapat sesuai dengan kondisi client, juga termasuk kondisi bisnis dan keuangan clientnya.
  • Sebagai seorang pialang asuransi, berbagai hal yang menyangkut tentang strategi pemasaran secara efektif juga termasuk up sell untuk client lama, database dan catatan, pembaruan sistem pembukuan dan juga pengawasan klaim dan perjanjian asuransi yang adil antara pihak penanggung dan pihak tertanggung sudah ada dalam satu slot tanggung jawab yang dimiliki.
  • Seorang pialang asuransi memiliki tanggung jawab untuk menyerahkan ulasan kemajuan reguler pada masing – masing pihak yang berkepentingan.

Semua yang menjadi tanggung jawab seorang pialang asuransi, tentu juga diiringi dengan kewenangan. Kewenangan tersebut menjadi satu kesatuan dengan peran, tugas serta tanggung jawab yang dibebankan kepada pialang asuransi.

Mengenai wewenang pialang asuransi, diantaranya sebagai berikut :

  • Pialang asuransi memiliki hak untuk menagih premi mewakili kepentingan dari pihak penanggung.
  • Mengenai saran yang diberikan pialang asuransi sifatnya mutlak. Itu artinya baik diminta atau pun tidak, sebuah pialang asuransi memiliki tanggung jawab untuk memberikan saran baik terhadap pihak tertanggung atau kepada pihak penanggung.
  • Mendampingi pengacara tertanggung. Jadi, jika seandainya terjadi masalah yang harus diselesaikan melalui jalur – jalur hukum.
  • Melakukan tuntutan atas pihak ketiga berdasarkan surat penunjukan atau surat kuasa dengan dan atau atas nama pihak yang tertanggung.
  • Jika terjadi suatu klaim besar, maka pihak pialang asuransi memiliki wewenang untuk menyarankan penggunaan loss atau average adjuster.

Anda harus pahami tugas dan tanggung jawab seorang pialang asuransi diatas. Khususnya bagi Anda yang ingin untuk menjadi seorang pialang asuransi.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 2