Pengertian Akuntansi Beserta Komponen Dalam Akuntansi

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam dunia usaha, selain marketing, customer service dan juga manager, hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah akuntan. Sebuah perusahaan yang baik dan terencana tentu memiliki seorang akuntan dan sistem akuntansi yang baik.

Entah itu perusahaan jasa, dagang atau manufaktur bisa dipastikan butuh yang namanya seorang akuntan agar mereka dapat merencanakan akuntansi beserta komponen didalamnya dengan sebaik mungkin.

Untuk menjadi seorang akuntan yang baik, seseorang harus memahami akuntansi itu seperti apa dan tahu apa saja komponen didalam akuntansi yang sangat diperlukan bagi kegiatan akuntansi dalam perusahaan. Nah, mengenai pembahasan tentang seperti apa pengertian akuntansi dan komponen didalam akuntansi, semuanya akan kami ulas dalam informasi di bawah ini!

Pengertian Akuntansi

Secara umum, pengertian akuntansi adalah proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, serta menyajikan data – data transaksi yang sudah dikelompokkan ke dalam berbagai macam data transaksi serta terdapat berbagai aktivitas yang terkait dengan keuangan didalamnya.

Dengan adanya akuntansi, maka akan semakin memudahkan seseorang dalam hal pengambilan keputusan dan juga tujuan yang lainnya. Berbicara tentang akuntansi, sudah bisa dipastikan ada kaitannya dengan angka – angka dan juga perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi dimana secara umum akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai aspek pelaporan dalam keuangan sebuah perusahaan.

Dengan adanya laporan akuntansi, laporan tersebut dapat digunakan menjadi suatu bahan untuk mengambil sebuah keputusan bagi perusahaan dengan hasil analisis akuntansi yang berlangsung. Dalam akuntansi, terdapat beberapa bidang akuntansi.

Bidang – bidang akuntansi tersebut yang menjadi pembeda pencatatan akuntansi dan ilmu akuntansi di cabang yang satu dengan cabang yang lain. Apa sajakah bidang – bidang akuntansi tersebut?

Bidang – bidang akuntansi diantaranya meliputi :

  • Akuntansi keuangan
  • Pemeriksaan akuntansi atau auditing
  • Akuntansi perpajakan
  • Akuntansi manajemen
  • Bidang akuntansi budgeter
  • Akuntansi untuk organisasi nirlaba
  • Akuntansi biaya
  • Sistem akuntansi
  • Akuntansi sosial

Komponen Dalam Akuntansi

Harta atau asset

Asset merupakan segala sesuatu yang bernilai dan dimiliki oleh sebuah perusahaan dan bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan di masa yang akan datang. Adapun jenis harta yang ada didalam suatu perusahaan terbagi ke dalam beberapa jenis lagi yaitu harta tetap berwujud dan harta tetap tidak berwujud.

Liabilities atau kewajiban

Liabilities merupakan suatu keharusan bagi sebuah perusahaan untuk membayarkan dana tertentu kepada pihak eksternal dan juga pihak internal. Ciri – ciri dari liabilities adalah muncul sebagai akibat dari transaksi di masa lalu yang masih belum selesai, tidak dapat untuk dihindari dan harus diselesaikan dengan cara membayarnya di kemudian hari.

Equity atau modal

Modal atau ekuitas adalah bentuk kewajiban perusahaan yang menjadi hak bagi para pemilik modal.

Income atau pendapatan

Income atau pendapatan merupakan sejumlah uang yang didapatkan perusahaan atas usaha yang telah dilakukan dari kegiatan menjual barang atau jasa. Pendapatan dalam ilmu akuntansi terbagi ke dalam dua jenis yaitu pendapatan operasional yang didapat secara langsung dari kegiatan produksi dan pendapatan non operasional yang didapatkan bukan dari kegiatan produksi.

Adapun sumber – sumber pendapatan perusahaan adalah melalui penanaman modal oleh pihak investor, kegiatan penjualan barang atau jasa, revaluasi harta, hadiah, dan juga kegiatan penyerahan produk dari sebuah perusahaan.

Expenses atau biaya pengeluaran

Expenses merupakan dana yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan pembiayaan operasional suatu usaha.

Itulah pengertian akuntansi beserta komponen dalam akuntansi yang harus dipahami, khususnya jika Anda merupakan seorang akuntan atau calon akuntan. Selamat belajar ilmu akuntansi!

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0