-2.1 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Pengertian dan Ciri – Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Last modified: Juni 17, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam definisi pasar, kita mengenal istilah pasar persaingan tidak sempurna dan pasar persaingan sempurna. Secara normal, kondisi pasar yang bisa dikatakan sebagai pasar yang sehat adalah kondisi pasar persaingan sempurna.

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar dimana pembeli dan penjual tidak bisa berpengaruh pada harga barang secara individu. Dengan demikian, penentuan harga barang yang dijual di pasar dengan persaingan sempurna adalah berasal dari suatu hasil kesepakatan antara pembeli dan juga penjual.

Suatu pasar bisa dikatakan sebagai pasar persaingan sempurna jika memiliki beberapa ciri berikut ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Ciri – Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna terdiri atas banyak penjual dan pembeli

Terdapatnya sifat ini, hal tersebut berakibat perilaku antara penjual dan pembeli tidak dapat berpengaruh terhadap kondisi pasar. Atau dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur – unsur pasar secara menyeluruh.

Di pasar persaingan sempurna, interaksi yang terjadi antara pihak penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga atau price taker yang menjadi penyebab harga di pasar bersifat datum. Hal tersebut terjadi karena mekanisme pasar yang menjadi penentu harga melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran terjadi di masyarakat.

Baik penjual atau pembeli, sama – sama memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar

Pihak penjual dan juga pembeli sangat paham benar mengenai kondisi pasar dalam tingkat harga yang berlaku dan juga meliputi setiap aspek yang menjadi perubahannya.

Pengetahuan tentang kondisi yang terjadi tersebut mengakibatkan semua sumber daya digunakan secara penuh untuk menghasilkan keuntungan secara lebih maksimal, tidak adanya pihak produsen yang menjual barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar dan tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pasar.

Terjadi mobilitas sumber ekonomi yang nyaris sempurna

Yang dimaksud disini adalah tidak adanya kesulitan sedikit pun jika kemudian sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat menuju ke tempat yang lainnya. Pada dasarnya bahwa semua tempat produksi memiliki tingkat kesamaan baik dalam metode pembuatan sampai dengan metode penjualan ke pembeli.

Pasar persaingan sempurna sendiri bisa menjadi suatu wadah yang sangat bagus untuk Anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang. Tingkat kesuksesan bisnis sendiri dapat diperoleh dimana saja dan kapan saja asalkan Anda benar – benar memiliki strategi yang matang.

Salah satu strategi yang matang tersebut adalah dengan senantiasa melakukan pencatatan keuangan perusahaan didalam laporan keuangan.

Memiliki kebebasan dalam membuka dan menutup usaha

Free entry and free exit merupakan ciri dari pasar persaingan sempurna. Secara umum, pasar persaingan sempurna tidak memiliki kesulitan bagi produsen yang tergabung ke dalamnya untuk keluar dan untuk masuk.

Hal tersebut berarti bahwa produsen atau penjual tidak akan mengalami masalah jika ingin memulai suatu bisnis baru yang kemudian dianggap menguntungkan dan menutup usahanya yang dianggap berpotensi merugikan.

Berbeda halnya dengan pasar lain yang memiliki keterikatan dalam membuka dan juga menutup pasar karena terdapatnya sebuah surat perjanjian. Dalam hal ini keluar masuk memiliki sebanyak dua kriteria. Kriteria yang pertama bahwa perusahaan bisa saja keluar dengan mudah ketika mengalami kerugian dimana produk yang dijual tidak mampu bersaing dengan pasar atau tidak lagi dapat memenuhi criteria pasar yang sebenarnya harus ada.

Sementara kriteria yang kedua bahwa sebuah perusahaan bisa saja terus bertahan di pasar karena merasa mampu untuk menjadi sebuah perusahaan yang menyediakan produk dengan tingkat kualitas yang tinggi akan tetapi sesuai dengan harga pasar. Hal tersebut karena perusahaan yang semacam inilah yang biasanya banyak diminati oleh pembeli.

Itulah beberapa aspek yang teridentifikasi sebagai ciri – ciri pasar. Jika sebuah tempat yang dikatakan pasar memiliki ciri – ciri tersebut maka pasar tersebut bisa dikatakan sebagai pasar persaingan sempurna.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 76