Pengertian Fee Based Income yang Penting Anda Pahami

Last modified: Juni 17, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam dunia perbankan kita mengenal istilah fee based income. Apa itu fee based income? Fee based income merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh pihak bank untuk berburu pendapatan di luar bunga.

Ya, hal tersebut memang menjadi pundi – pundi lain yang menguntungkan bagi pihak perbankan. Karenanya, pihak perbankan saat ini sedang benar – benar gencar untuk berusaha mencari pendapatan di luar pendapatan bunga. Hal ini juga sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan potensi transaksi dan digital banking. Informasi selengkapnya tentang fee based income bisa Anda  simak dalam informasi di bawah ini!

Pengertian Fee Based Income

Secara harfiah, pengertian fee based income merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dari hasil transaksi atau yang didapatkan dari jasa bank lainnya. Dari pengertian tersebut, kita sendiri dapat mengambil kesimpulan bahwa fee based income ini merupakan suatu bagian dari kegiatan lain perbankan selain menghimpun dan juga menyalurkan dana.

Tujuan dari fee based income sendiri adalah digunakan untuk mendukung dan juga digunakan untuk melancarkan kedua kegiatan utama tersebut. Fee based income sendiri secara singkat bisa diartikan sebagai usaha suatu perbankan dalam mencari pendapatan lain diluar pendapatan bunga kredit.

Nah, salah satu jalannya adalah berasal dari pendapatan pemberian jasa – jasa untuk nasabahnya. Fee based income merupakan salah satu jenis pendapatan operasional bank non bunga. Didalamnya terdapat beberapa unsur untuk pendapatan bank yang bisa masuk ke dalam kategori sebagai pendapatan bunga non bank atau fee based income. Kategori tersebut diantaranya :

  • Pendapatan yang didapatkan komisi dan juga provisi
  • Pendapatan dari hasil transaksi valuta asing atau devisa
  • Pendapatan operasional yang lainnya

Dalam kegiatan perbankan yang dijalankan, terdapat beberapa produk perbankan yang menjadi sumber penghasilan fee based income yang banyak dilirik oleh pihak perbankan sendiri. Adapun beberapa sumber penghasil fee based income yang dimaksudkan diantaranya yaitu :

Inkaso bank

Inkaso merupakan suatu kegiatan bank yang berupa jasa untuk melakukan amanat yang diberikan oleh suatu pihak ketiga. Jasa yang dilakukan dalam procedural inkaso ini berupa penagihan sejumlah uang terhadap seseorang atau lembaga dan juga badan tertentu yang sudah ditunjuk oleh pihak ketiga yang dapat memberikan amanat.

Sebagai suatu bentuk imbalan atas jasa yang dilakukan, pihak bank biasanya akan memberikan ketetapan tarif atau fee tertentu terhadap pihak nasabah atau pihak pemberi amanat dimana tarif yang didapatkan itulah yang dalam dunia perbankan disebut juga dengan inkaso bank.

Safe deposit box

Safe deposit box merupakan suatu jasa sewa kotak penyimpanan harta atau benda yang lainnya. Kotak penyimpanan ini sudah dirancang secara khusus dari bahan baja yang telah ditempatkan didalam sebuah ruang yang sangat kokoh dengan sisi keamanan yang sangat ketat.

Nah, pelayanan tersebut ditujukan demi memberikan rasa aman terhadap pihak pelanggan yang menggunakan jasa ini. Kegunaan dari safe deposit box secara singkat adalah untuk mengamankan barang – barang yang dianggap memiliki nilai dan berharga oleh pihak pemilik.

Misalkan barang – barang yang dianggap memiliki nilai dan sangat berharga untuk disimpan oleh pemilik didalam safe deposit box diantaranya seperti berlian, emas, tanah dan barang yang lainnya. Layanan yang diberikan tersebut berupa jaminan barang yang didepositkan dimana segi keamanannya sangat bisa dipertanggungjawabkan.

Letter of credit

Letter of credit atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan surat kredit berdokumen. Letter of credit atau surat kredit berdokumen ini merupakan suatu kegiatan yang berupa jasa. Jasa letter of credit biasanya ditawarkan oleh pihak perbankan terhadap nasabahnya dalam rangka pembelian barang berupa penangguhan pembayaran pembelian oleh pihak pembeli sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati antara pihak bank dan juga pihak pelanggan.

Jadi, bank juga memiliki sektor pemasukan lain diluar bank yang dibayarkan oleh nasabah. Nah, sektor pemasukan lain tersebut yang dimaksud dengan fee based income dalam dunia perbankan.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0