-2.1 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Pengertian Pasar Secara Umum dan Menurut Ahli dalam Ilmu Ekonomi

Last modified: Juni 17, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam dunia ekonomi, kita mengenal istilah pasar. Pengertian pasar merujuk pada pengertian secara umum dan pengertian menurut para ahli. Secara umum, pengertian pasar merupakan suatu tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan berbagai macam transaksi jual beli entah itu barang atau pun yang berupa jasa.

Pasar bukan suatu tempat yang memiliki batas geografis, sehingga definisi pasar tidak pernah merujuk terhadap suatu tempat atau lokasi tertentu. Kehadiran internet, juga memberikan pengertian bahwa pasar semakin luas.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang pengertian pasar yang semakin luas. Akan tetapi kita akan membahas tentang pengertian pasar menurut ahli. Berikut informasinya untuk Anda!

Pengertian Pasar Menurut Ahli

Pengertian pasar menurut William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang ingin mendapatkan nilai – nilai kepuasan dengan memanfaatkan dana berupa uang untuk kegiatan belanja yang dilakukan. Menurut William J. Stanton, pasar juga memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut sehingga darisana timbal balik dari orang yang sama – sama membutuhkan akan muncul.

Pengertian pasar menurut Kotler dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong, pasar merupakan tempat berinteraksinya sejumlah pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli produk atau jasa. Besarnya pasar tergantung atas jumlah orang yang memiliki tingkat kebutuhan dan mau melakukan berbagai macam kegiatan transaksi.

Sampai detik ini ada banyak pemasar yang memiliki anggapan bahwa pembeli dan penjual merupakan suatu pasar. Pembeli akan menerima produk atau jasa yang diinginkan setelah melakukan kegiatan pembayaran. Kemudian penjual nantinya akan mengirimkan suatu produk atau jasa yang sudah dibayarkan oleh pihak pembeli.

Pengertian pasar menurut Simamora

Pengertian pasar menurut Simamora adalah tempat bagi sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan atas produk tertentu, memiliki kemampuan serta kemauan yang sangat besar untuk melakukan pembelian produk yang bersangkutan.

Pengertian pasar menurut Handri Ma’ruf

Menurut Handri Ma’ruf, pasar memiliki pengertian yaitu suatu tempat pertemuan antara pihak penjual dan pihak pembeli. Pasar juga menjadi tempat bagi interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan juga pembeli sampai terjadi suatu transaksi jual beli secara intens.

Pengertian pasar menurut Atep Adya Barata

Menurut Atep Adya Barata, pasar memiliki pengertian sebagai tempat berkumpulnya antara penjual dan juga calon pembeli baik secara langsung atau secara tidak langsung untuk saling berhubungan satu dengan yang lain dan melaksanakan upaya pertukaran baik berupa barang atau jasa.

Pengertian pasar menurut Dr. Winardi SE

Pengertian pasar menurut Dr. Winardi SE adalah suatu tempat dimana terjadinya kesepakatan harga secara ideal bagi penjual dan pembeli yang memutuskan untuk melakukan interaksi atas satu produk yang disepakati.

Pengertian pasar menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pasar merupakan sekumpulan orang yang melakukan berbagai macam kegiatan transaksi jual beli. Pasar merupakan suatu tempat untuk melakukan kegiatan jual beli dimana kegiatan yang diselenggarakan tersebut dijalankan oleh suatu organisasi atau suatu perkumpulan dengan maksud untuk mencari derma.

Itulah yang dimaksud dengan pasar. Intinya, pasar adalah suatu tempat terjadinya kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli atas suatu produk yang harganya sudah disepakati bersama. Jenisnya sendiri bermacam – macam ada pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang dibedakan atas pola terjadinya transaksi dan kegiatan transaksi yang dilakukan.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 80