Perbedaan Analisa dan Analisis, Pahami Disini!

Last modified: Juni 17, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Dalam dunia akademik, tentu kita tidak asing mendengar kata analisa dan analisis disebutkan. Terkadang, beberapa orang ada yang menyebutkan keduanya dalam artian dan konteks yang cenderung sama. Namun tak banyak orang yang menyadari bahwa sebenarnya keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

Lantas, apa yang menjadi pembeda antara kata analisa dan analisis? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan sama – sama belajar tentang apa yang menjadi pembeda antara analisa dan analisis. Informasi selengkapnya bisa Anda simak dan cek dalam informasi di bawah ini!

Perbedaan Kata Analisa dan Analisis

Kedua kata tersebut menunjuk pada suatu makna pengamatan atau terhadap makna penelitian. Akan tetapi secara lebih lanjut, pengamatan yang dilakukan merupakan suatu konteks pengamatan secara lebih detail. Sehingga nantinya akan dihasilkan suatu hasil pengamatan yang menjadi suatu sumber rujukan dalam suatu aspek.

Dari segi pengertian tersebut, analisa dan analisis tidak memiliki perbedaan. Hal tersebut karena antara kata analisa dan analisis, keduanya sama – sama merujuk pada suatu konteks pengamatan yang mendetail.

Kemudian banyak yang mempertanyakan, mana yang benar antara penggunaan kata analisa atau analisis?

Sekalipun memiliki makna atau definisi yang nyaris sama antara analisa dan analisis, akan tetapi tak dapat dipungkiri kalau kedua kata ini mengandung berbagai macam perbedaan. Setelah Anda sadar adanya perbedaan analisa dan analisis, tak jarang orang mempertanyakan mana yang benar diantara keduanya.

Nah, jika memang Anda memiliki pertanyaan yang sama, maka jawabannya adalah bahwa keduanya benar jika digunakan secara benar. Baik antara analisa atau analisis, keduanya memiliki penggunaan yang berbeda satu sama lain.

Akan tetapi jika dikaitkan dengan indikasi benar ataukah salah, penggunaan analisa dan analisis benar tergantung terhadap bagaimana cara Anda dalam mengaplikasikannya. Sehingga tentu saja untuk bisa mengetahui bagaimana aplikasi yang benar, Anda bisa menggunakan dengan benar juga. Anda juga wajib belajar lebih jauh dan lebih lanjut mengenai seperti apa penggunaan yang tepat antara kata analisa dan analisis ini.

Analisa merupakan kata yang merujuk terhadap makna ketika Anda sedang bekerja. Analisa juga bisa disebut sebagai kata kerja. Karenanya ketika kemudian Anda sedang ingin mengungkap kata ini dalam bentuk verbal atau pekerjaan, maka Anda bisa menggunakannya.

Lain halnya dengan penggunaan analisis. Kata analisis ini merupakan kata benda atau biasa disebut dengan noun dalam bahasa Inggris. Sehingga jika kemudian Anda ingin menyebutkan hasil dari analisa yang dilakukan, maka kata yang Anda harus gunakan adalah kata analisis.

Disini kami akan berikan contoh penggunaan kata analisa dan analisis untuk Anda. Contoh dari penggunaan kata analisa seperti kata “saya sedang menganalisa kasus A sekarang ini”. Nah, makna dari kalimat tersebut bahwa orang yang bersangkutan sedang meneliti dalam konteks kata kerja sehingga kata analisa harus digunakan.

Sementara penerapan untuk contoh kata analisis adalah “detektif A sudah memperoleh analisis yang akan digunakan sebagai dasar penetapan tersangka B”. Nah, dari kalimat tersebut kita tahu bahwa seorang detektif yang ditunjuk untuk menemukan perkara tersangka B sudah mendapatkan hasil dari analisa yang dilakukan sehingga menggunakan kata analisis.

Jadi, antara analisa dan analisis keduanya digunakan untuk konteks yang berbeda. Jika analisa merupakan verb atau kata kerja yang digunakan untuk menunjuk sesuatu, maka analisis merupakan kata benda atau noun yang digunakan untuk mengemukakan hasil.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 11