-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Tertarik untuk Mendaftar Asuransi Jiwa? Ini Biaya Premi yang Patut Dipahami!

Last modified: Agustus 9, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Banyak istilah yang berkembang di dalam asuransi. Salah satunya adalah premi asuransi. Apa itu premi asuransi? Secara umum premi asuransi adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya sebagai tanda keikutsertaan seseorang dalam program asuransi.

Fungsi utama dari asuransi sendiri adalah untuk melindungi finansial seseorang terhadap risiko buruk yang mungkin terjadi dan datang secara tidak terduga. Seperti yang Kita ketahui, ada banyak jenis asuransi, entah itu untuk kesehatan maupun properti, yang bisa Kita pilih. Semuanya memiliki besaran jumlah premi yang berbeda.

Nah untuk bisa memberikan gambaran dengan jelas, Kami telah merangkum beberapa jenis asuransi dan besaran premi yang bisa Anda pilih. Lets get to the list!

 

  • Asuransi Kesehatan

 

Benar kata pepatah yang mengatakan bahwa kesehatan itu mahal harganya.

Mengapa demikian?

Karena jika sudah jatuh sakit, meskipun sakit ringan seperti batuk saja, Kita perlu menebus obat dan biaya periksa agar bisa kembali sehat.

Iya kalau itu hanya sakit ringan yang biayanya tidak seberapa. Tapi bagaimana dengan penyakit parah yang butuh perawatan intensif? Tentu biayanya akan menjadi sangat mahal. Salah salah Kita tidak mampu membayarkan biaya pengobatannya.

Nah disinilah peran dari asuransi kesehatan. Dimana bisa meng-cover berbagai biaya yang diperlukan seperti jasa dokter hingga obat-obatan yang diperlukan. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan sangat penting untuk dilakukan.

Premi asuransi yang harus dibayarkan untuk asuransi kesehatan ternyata tidak terlalu mahal loh! Bahkan bisa dikatakan sangat murah. Karena bisa memilih jenis yang preminya hanya 200 ribu rupiah per tahunnya.

Murah kan? Tapi perlu diingat, dengan memilih jenis asuransi dengan premi 200 ribu, Anda hanya bisa mengklaim pertanggungan dengan nominal kurang dari 100 juta rupiah.

Semakin banyak premi yang dibayarkan, semakin banyak pula pertanggungan yang bisa didapat.

 

  • Asuransi Jiwa

 

Secara garis besar, asuransi jiwa merupakan sebuah bentuk perlindungan finansial yang pertanggungannya bisa diklaim oleh ahli waris jika pemegang polis sudah meninggal dunia.

Asuransi jenis ini dibagi lagi menjadi dua yaitu asuransi term life dan asuransi whole life yang masing-masing memiliki perbedaan pada jangka waktu dan banyaknya premi yang dibayarkan.

Besaran premi yang harus dibayarkan untuk asuransi jiwa dimulai dari 94 ribu rupiah saja per tahun  dengan maksimal 100 juta untuk klaim pertanggungannya.

Tapi jika Anda ingin mendapatkan pertanggungan dengan nominal di atas 700 juta maka Anda harus membayarkan premi sebesar 600 ribu per tahunnya.

Sama seperti sebelumnya, jenis ini juga menerapkan sistem, semakin banyak premi yang dibayarkan maka semakin banyak pula pertanggungan yang bisa didapatkan.

 

  • Asuransi Properti

 

Lalu ada asuransi properti. Asuransi properti sendiri sebenarnya masih dibagi menjadi 2. Yang pertama adalah asuransi rumah dengan polis yang merujuk PSAKI atau lebih dikenal dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia.

Nah jenis ini bisa mengakomodir beberapa risiko bencana yang mungkin akan terjadi pada rumah yang Anda tempati. Misalnya saja ledakan, petir, kebakaran, tanah longsor, banjir, dan lain sebagainya.

Yang kedua adalah asuransi bisnis dengan cakupan perlindungan properti seperti gudang, toko, mall, pabrik, bahkan juga bangunan perkantoran. Sama seperti asuransi rumah, asuransi bisnis juga melindungi properti dari risiko adanya bencana.

Besaran premi yang harus dibayarkan untuk asuransi properti dimulai dari angka 170 ribu hingga 1,2 juta per tahunnya. Atau bisa juga lebih bergantung pada kriteria, luas, dan aspek lain yang perlu adanya perlindungan.

Selain jenis di atas, masih ada jenis asuransi lain yang mungkin akan menarik perhatian Anda seperti asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan prioritas dan kebutuhan yang dimiliki.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 0