-0.8 C
New York
Jumat, Desember 13, 2019

Tips Mengontrol dan Mengelola Stok Barang pada Bisnis Anda

Last modified: Juni 10, 2019
For versions:
Estimated reading time: 2 min

Jika Anda bergerak di bidang usaha jasa, mungkin tips dan trik ini tidak akan penting bagi Anda. Selama Anda masih bisa melayani pelanggan dengan jasa yang Anda tawarkan, maka tak akan ada masalah apapun.

Akan tetapi jika Anda bergerak di bidang usaha dagang, tentu kemampuan mengontrol dan mengelola stok barang pada bisnis sangat penting. Tak boleh ada satu barang pun yang lepas control karena tentu saja barang tersebut sangat dibutuhkan oleh pelanggan.

Sekali saja pelanggan mencari barang yang dibutuhkan di tempat Anda dan Anda tidak bisa memenuhinya karena stok habis, maka akan berpikir dua kali pelanggan akan kembali ke tempat Anda terlebih untuk menanyakan hal yang sama. Jadi, kemampuan mengontrol dan mengelola stok sangat penting. Agar kemampuan untuk mengelola dan mengontrol stok barang Anda miliki, berikut tips yang penting Anda tahu!

Tips Mengontrol dan Mengelola Stok Barang pada Bisnis

Untuk mengelola stok barang, pisahkan stok barang lama dengan stok barang baru

Antara barang yang baru dan barang yang lama baiknya Anda upayakan untuk memisahkan. Dengan begitu nantinya ketika ada penjualan bisa segera Anda keluarkan barang yang stoknya sudah lama dulu sehingga tidak akan terjadi barang kadaluarsa di gudang simpan.

Kelompokkan barang – barang yang mudah hilang

Anda harus jeli dan pandai untuk mengelompokkan barang – barang yang sekiranya tidak mudah hilang dengan yang mudah hilang. Seperti misalkan barang yang punya ukuran kecil, biasanya akan mudah terselip diantara barang yang lain. Nah, dengan Anda kelompokkan barang tersebut sesuai dengan ukuran, maka pada akhirnya resiko hilang bisa semakin diminimalisir.

Stok barang yang mahal juga harus dipisahkan

Agar Anda bisa jauh lebih mudah dalam proses tata kelola stok, baiknya Anda coba untuk memisahkan antara barang yang mahal dengan barang yang murah. Sehingga jika nantinya ada kehilangan barang mahal maka Anda akan lebih mudah melihat dan mengidentifikasinya.

Anda harus tahu jika ada satu barang saja yang hilang, pasti hal tersebut akan berpengaruh pada pendapatan bisnis Anda. Karena itu, Anda harus mampu melakukan control atas barang mahal tersebut secara berkala.

Stok barang yang laku dan stok barang yang tidak laku harus dipisah

Dalam memberikan kemudahan untuk mengelola barang, upayakan agar Anda mengusahakan bahwa antara barang yang laku dan barang yang tidak laku perlu Anda pisahkan. Karena barang yang laku biasanya akan cepat habisnya dari tempat simpannya. Selain itu, dengan memisahkan barang yang laku dan tidak laku, Anda akan lebih mudah untuk mengeluarkan barang ketika penjualan terjadi.

Upayakan sistem acak

Barang yang sudah termasuk ke dalam sistem acak merupakan barang yang biasanya setiap bulan masuk ke dalam kategori promo. Sehingga memonitornya harus lebih sering. Misalkan di bulan ini minyak goreng dibanderol dengan harga 30 ribu rupiah, kemudian di bulan depannya terdapat diskon maka harganya menjadi 25 ribu rupiah.

Tanpa adanya pengontrolan stok barang dagang maka hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kebingungan hingga pada akhirnya akan berakibat tidak baik dan menimbulkan kerugian dalam bisnis yang dilakukan.

Lakukan control atas barang yang sudah terjual

Yang terakhir adalah melakukan control atas barang dagang yang sudah ludes terjual. Dengan melakukan pencatatan yang baik tentu tidak akan terjadi ketimpangan antara stok barang yang ada di gudang dengan yang terdapat di catatan buku penjualan.

Itulah beberapa tips dalam mengontrol dan mengelola stok barang pada bisnis Anda. Terapkan hal tersebut agar bisnis Anda semakin sukses dan semakin berkembang.

Was this article helpful?
Dislike 0
Views: 1