Astra Agro Lestari Siapkan Rp 100 M Untuk Bisnis Peternakan Sapi

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) kini mulai melirik bisnis lain selain sawit, yakni bisnis penjualan sapi. Melalui anak perusahaan PT Agro Menara Rachmat yang berlokasi di Kalimantan Tengah, PT Astra Agro Lestari Tbk mengimpor ribuan induk sapi dari Australia.

AALI menyiapkan modal kerja hingga 100 miliar untuk pembibitan sapi, Pihak manajemen berkeyakinan bahwa lini bisnis penjualan sapi ini akan mendorong kinerja perseroan dan program kedaulan pangan di masa mendatang.

“Untuk margin cukup besar, Sapi yang didatangkan dari australia tersebut kita breeding dan fattening,” ujar Santosa, Direktur Utama AALI.

Hingga saat ini perusahaan telah mengimpor sebanyak 3.370 ekor sapi untuk pembibitan. Dan total populasi hingga Oktober ini, mencapai 4.416 ekor. Baru baru ini, AALI juga akan melakukan impor lagi sebanyak 2.000 ekor sapi. Dengan target akhir tahun mencapai 6.500 ekor sapi.

“Bila kita lihat secara bisnis, menghasilkan uang secara cepat ada di lini fattening (penggemukan). Tapi fattening  kan baru terasa bila sudah skala besar, sehingga saat ini kami masih impor Australia, lalu besarkan di sini, dan di jual,” ujar santosa

AALI berencana mengggabungkan bisnis kelapa sawit dengan peternakan sapi. Dikarenakan pakan sapi tersebut nantinya berasal dari kelapa sawit dan konsentrat. Nantinya AALI akan menempatkan peternakan sapi di Sumatera

Perusahaan juga akan menggaet ahli genetika untuk mendapatkan varietas unggulan. “Dengan 10,000 sapi, Perusahaan berharap dapat menghasilkan 1000 ekor per tahun secara konstan, sehingga kami sudah termasuk bredder terbesar di Indonesia,” ujar Santosa.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news