Bank Jatim Bukukan Laba Bersih Rp 1,01 Triliun

117

SAHAM.NEWS, SURABAYA – Hingga kuartal III 2017, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) atau Bank Jatim telah berhasil membukukan laba bersih Rp1,01 triliun. Ptertumbuhan sebesar 21,18% ini disumbang dari tumbuhnya pendapatan bunga bersih  sebesar 3,38% menjadi Rp2,62 triliun.

Kenaikan laba bersih ini disebabkan oleh biaya bunga yang turun 9,37% menjadi Rp962 miliar ditambah pencadangan yang juga turun 61,86% dibandingkan periode sama tahun lalu, sehingga laba bersih mengalami kenaikan signifikan.

Dari sisi bisnis, penyaluran kredit emiten bersandi BJTM tersebut masih belum sesuai harapan. Hingga kuartal III/2017, total kredit yang disalurkan perseroan sebesar Rp30,6 triliun atau naik tipis 3,62% yoy. Peningkatan penyaluran kredit disumbang oleh kenaikan di segmen bisnis konsumer sebesar 8,64% yoy.

Realisasi penyaluran kredit BJTM terdiri 2 segmen yaitu kredit usaha kecil dan menengah (UKM) dan komersial.

“Kredit UKM turun 2,18% (yoy) menjadi Rp3,07 triliun, sedangkan kredit komersial turun 6,94% menjadi Rp6,85 triliun. Hal ini diikuti dengan tingginya kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) hingga 4,92%’ ujar Su’udi

Meski NPL BJTM berada di kisaran 4,92%, BJTM memiliki proyeksi sendiri dimana NPL akan berada di 3,8% pada akhir tahun. Bank Jatim telah memiliki strategi menurunkan NPL dengan cara menaikkan penyaluran kredit yang berimbas pada penurunan rasio NPL, hingga pembentukan tim khusus penyelamatan dan penyelesaian kredit. Tim bentukan bank berkode saham BJTM ini akan fokus ke penagihan kredit bermasalah, percepatan proses lelang dan penjualan tagihan.

Dalam menyelesaikan kredit bermasalah, Bank Jatim telah mencadangkan dana sebesar Rp 1,3 triliun.

Facebook Comments