BCA Pertimbangkan Naikan Bunga Kredit Jika BI Naikan Suku Bunga

SAHAM.NEWS . JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sedang serius mempertimbangkan untuk menaikkan bunga kredit setelah Bank Indonesia (BI) membuka peluang menaikkan bunga acuan. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengakui bahwa masih mengkalkulasi berapa besar kenaikan bunga kredit dan hal ini tidak akan dilakukannya sekarang karena masih diperlukan perhitungan khusus. Jahja masih enggan untuk merinci kredit jenis apa yang dapat mempunyai peluang untuk naik, namun ia yakin bahwa kenaikan bunga kredit tak akan langsung berdampak negatif terhadap pertumbuhan kredit.

Satu hal yang harus dipahami adalah kalau bunga kredit naik tidak serta merta kredit growth berkurang. Ekonom Bank Permata Josua Pardede tak menyangkal bahwa bank sentral menaikkan bunga acuan pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) kali ini akan direspons dengan kenaikan bunga kredit perbankan, proses penyesuaian suku bunga akan tetap bergantung pada kondisi likuiditas yang terjaga, risiko kredit yang tercermin dari non performing loan (NPL) dan efisiensi perbankan.

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news