BEI Cabut Suspensi Saham META Hari Ini

222
BEI Cabut Suspensi Saham META Hari Ini

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Setelah melakukan suspensi selama dua pekan lamanya, Bursa Efek Indonesia akhirnya mencabut gembok suspensi saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) pada sesi I perdagangan hari ini (27/11).

Dilansir dari keterbukaan informasi yang beredar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kepala Divisi Penilaian Perusahaan, I Gede Nyoman Yetna menyampaikan bahwa saham META dapat kembali diperdagangkan baik dipasar tunai maupun pasar reguler.

Asal tau saja, perdagangan saham META dihentikan BEI karena ketidak jelasan akan pengendali perusahaan. Masalah tersebut muncul ketika salah satu pemegang saham utama perseroan, yaitu PT Matahari Kapital Indonesia (MKI) menjual kepemilikan sahamnya kepada PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI). Sedangkan, META seharusnya melakukan penawaran pembelian saham di publik alias tender offer wajib, jika ada perubahan pengendali dalam perusahaan.

META selanjutnya menyampaikan tanggapan atas permintaan penjelasan yang dilayangkan oleh BEI lewat surat resmi pada tanggal 8, 10, dan 16 November 2017. Dalam surat tersebut, Corporate Sercetary META, Dahlia Evawani menyampaikan bahwa transaksi tersebut memang benar terjadi dan dilakukan sebagai bagian dari ekspansi bisnis MPTI. Namun MPTI serta afiliasinya hanya memiliki kurang dari 50% saham META sehingga bukan merupakan pemegang saham pengendari. MPTI tidak memiliki kemampuan untuk menentukan arah bisnis perusahaan secara langsung maupun tak langsung ataupun mengambil kebijakan tertentu. Ia juga menegaskan bahwa transaksi jual-beli saham antara MKI dan MPTI merupakan transaksi non-afiliasi dimana kedua perusahaan tidak memiliki ikatan relasi dan kesamaan kepemilikan.

Facebook Comments