SAHAM.NEWS, JAKARTA – Emiten Produsen keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk akan segera listing di bursa efek indonesia dengan melepas 300 juta lembar saham atau sekitar 24,93% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor. PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk menggunakan PT Buana Capital Sekuritas sebagai  penjamin pelaksanaan efek IPO.

“Harga penawaran PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk berkisar Rp130—Rp200 per lembar saham dengan target perolehan dana sebesar Rp39 miliar—Rp60 miliar. Target pernyataan efektif ojk pada 17 Oktober 2018, dan IPO pada 19—23 Oktober 2018.” ujar Johan Silitonga, Direktur Utama Cahayaputra Asa Keramik.

“Nantinya dana hasil IPO untuk pelunasan utang agar beban biaya finansial perusahaan berkurang, yang terdiri dari kredit investasi senilai Rp10,5 miliar dan pinjaman perbankan sebesar  Rp8,5 miliar.” kata Johan.

Dari dana segar yang didapatkan, sebesar 38% dana IPO digunakan untuk melunasi fasilitas kredit bank, 20% untuk pelunasan mesin speed dryer dan instalasinya, 6% untuk pembangunan gedung produksi, dan sisanya untuk tambahan modal kerja.

Perusahaan akan memberikan waran seri I sebesar 4:1, dimana setiap pemegang 4 saham akan mendapatkan 1 waran seri I yang dapat ditukarkan dengan 1 saham baru. Harga kisaran waran, yaitu Rp150 – Rp220.

“Waran diberikan sebagai pemanis agar investor mendapatkan keuntungan dari saham dan waran.” ujar Ratna Karim, Director of Investment Banking PT Buana Capital Sekuritas.