Calon Kandidat Gubernur The Fed : Jerome Powell dan John Taylor

865

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Terkuak sudah calon Gubernur Baru Federal Reserve pengganti Janet Yellen. Dua calon kandidat baru berdasarkan pilihan Presiden Donald Trump tersebut  adalah Jerome Powell dan John Taylor.

Powell adalah salah satu anggota Dewan Gubernur The Fed periode saat ini. Dalam The Fed sendiri, Powell lebih banyak mengurusi hal-hal mengenai peraturan keuangan. Sedangkan Taylor adalah ekonom dari Stanford University.

“Dua kandidat pilihan Trump tersebut akan berada di jajaran Dewan Gubernur The Fed apapun skenario yang terjadi, baik Taylor ataupun Powell akan tetap mengisi posisi wakil atau ketua gubernur The Fed karena selain pergantian Ketua Gubernur The Fed, Stanley Fischer yaitu wakil Gubernur The fed akan segera pensiun bulan Oktober ini”, dilansir Reuters, Jumat (20/10).

Perpaduan antara Taylor dan Powell dalam kebijakan The Fed di masa mendatang yang lebih mengarah kepada pendekatan Yellen seperti menaikkan suku bunga dinilai memberikan kebijakan moneter seperti yang diinginkan investor. Dimana suku bunga acuan The Fed sewajarnya untuk berada di tingkat lebih tinggi dari saat ini.

Para investor telah sangat menantikan kabar keputusan Presiden Donald Trump mengenai Gubernur The Fed yang baru. Terpilihnya Powell kemungkinan akan menjadi kelanjutan dari kebijakan moneter yang ramah terhadap pasar saham dan telah membantu mendorongnya akhir-akhir ini.

Baik indeks Dow Jones dan S&P 500 mampu mengikis pelemahan yang dialami selama perdagangan kemarin setelah turun lebih rendah sebelum kabar tentang Powell beredar.

“Jelas pada akhirnya pasar terkait dengan segala spekulasi tentang Jerome Powell. Saya tidak melihat alasan lainnya mengapa indeks berbalik naik di akhir perdagangan,” ujar Mark Luschini, kepala pakar strategi investasi di Janney Montgomery Scott, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (20/10).

Pihak internal gedung putih menyatakan bahwa keputusan nama calon kandidat The Fed ini akan diumumkan oleh Trump dalam beberapa hari mendatang.

 

Facebook Comments