Catatkan Kenaikan Pendapatan, Namun Laba Bersih KIJA Tergerek Turun 53%

Catatkan Kenaikan Pendapatan, Namun Laba Bersih KIJA Tergerek Turun 53%

SAHAM.NEWS, JAKARTA – PT Jababaka Tbk (KIJA) telah berhasil mencatatkan kinerja yang baik sepanjang tahun 2017 ini. Hal tersebut terbukti dengan naiknya pendapatan perusahaan sebesar 20% pada kuartal-III 2017 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Tercatat emiten kawasan industri ini berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp2,32 triliun.  Pertumbuhan pendapatan tahun ini didorong oleh sektor Land Development and Property serta sektor Infrastruktur yang naik menjadi 23% dari 20% pada tahun lalu. Sektor Land Development and Property dipicu oleh naiknya kontribusi pendapatan dari Kendel yang melonjak hingga hampir mencapai sepuluh kali lipat dari Rp29,4 miliar menjadi Rp269,7 miliar. Selain itu, dari sektor infrastruktur, pendapatan pembangkit listrik juga tercatat mengalami peningkatan hingga 25% dari Rp918,7 miliar menjadi Rp1,14 triliun.

Meskipun berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan, namun dari sisi line bottom, laba bersih KIJA malah mengalami penurunan hingga 53%. Turunnya laba bersih tersebut disebabkan oleh penurunan pendapatan selisih kurs yang mana pada tahun lalu perusahaan mencatatkan keuntungan sebesar Rp189,3 miliar namun pada tahun ini turun menjadi Rp22 miliar. Jika keuntungan selisih kurs tersebut tidak diperhitungkan maka sebenarnya laba bersih Perseroan selama 3 kuartal tersebut meningkat 18% dari Rp 158,8 miliar menjadi Rp 187,7 miliar di tahun 2017.