UPDATE Grafik Harga Emas Hari ini & Prediksi Analisa Emas

Di zaman yang serba modern ini tidak dapat dipungkiri jika banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan investasi atau tabungan. Pada umumnya investasi yang dilakukan memang berbentuk mata uang, namun ada juga yang memilih berinvestasi dengan barang berharga lainnya. Salah satu barang berharga yang memang sedang banyak diminati dalam hal investasi adalah emas. Emas sendiri merupakan salah satu jenis logam mulia yang memiliki karakteristik unik serta nilai estetika yang lebih baik dibandingkan degan jenis logam lainnya. Emas sendiri sebenarnya terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian senyawa kimia yang terjadi di permukaan bumi. Emas sendiri memiliki salah satu karakteristik unik yang jarang dimiliki oleh logam mulia lainnya yaitu bersifat lunak dan mudah ditempa atau dibentuk. Hal tersebut dikarenakan emas dapat melebur dengan mudah di suhu 1000 derajat Celcius.
Karakteristik emas yang sangat unik itulah yang membuatnya menjadi salah satu  komoditas investasi utama. Selain dimanfaatkan sebagai perhiasan, emas juga telah lama dipergunakan sebagai salah satu standar keuangan di berbagai dunia. Sehingga tak heran jika harga komoditas emas masuk ke dalam bursa saham dunia yang nilainya setiap detik dapat berubah. Pada umumnya harga emas dunia menggunakan mata uang Amerika Serikat. Namun pada bidang moneter biasanya emas yang dipergunakan masih berbentuk bullion atau batangan emas yang tersedia dalam berbagai macam jenis berat diantaranya adalah Oz, Gram, dan lain-lain.

Menurut data terbaru hari ini yakni pada tanggal 27 Agustus 2018 harga emas dalam mata uang Amerika dan satuan berat Oz memang selalu mengalami kenaikan dan penurunan pada rentang tertentu. Menurut data statistik interaktif didapatkan nilai sebesar 1207.23 pada pukul 21.00 WIB. Secara umum rentang nilai emas pada hari ini berkisar antara nilai 1203.23 sampai dengan nilai 1208.02. Kemudian jika diperhitungkan dalam satuan berat gram dan mempergunakan mata uang Rupiah ( Indonesia ), nilai emas berada di Rp 565.426.

Harga emas yang selalu mengalami fluktuasi tentunya karena dipengaruhi oleh beberapa faktor penting. Faktor pertama yang berperan penting terhadap nilai emas dunia adalah nilai mata uang Amerika Serikat yakni Dolar. Tidak dapat dipungkiri jika Dolar saat ini menjadi salah satu mata uang internasional utama yang dipergunakan. Sehingga ketika nilai Dolar menguat maka nilai emas akan cenderung melemah. Sebaliknya jika nilai Dolar mulai melemah pada umumnya nilai emas dunia akan semakin menguat. Faktor selanjutnya yang berperan penting adalah adanya ketidakpercayaan pada investor terhadap pemerintah atau keadaan pasar global dimana situasi ini sering disebut sebagai krisis komoditas. Tentunya krisis yang terjadi dapat secara langsung memberikan dampak pada nilai emas. Karena saat ini emas merupakan salah satu barang berharga yang dianggap sebagai penyelamat di saat nilai mata uang atau komoditas lainnya melemah.
Berikut terdapat grafik real time yang diambil pada pukul 21.00 WIB tanggal 27 Agustus 2018 yang menjelaskan analisis nilai emas dunia :

Keuntungan Kerugian Investasi Emas

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini terdapat berbagai macam situasi atau kondisi yang dapat secara langsung memberikan pengaruh pada kondisi perekonomian dunia. Dimana hal tersebut tentunya akan berdampak pada kuat atau lemahnya nilai mata uang suatu negara. Oleh karena itu saat ini banyak sekali investor yang berinvestasi dengan memanfaatkan barang berharga lainnya seperti emas. Tentunya hal tersebut tak terlepas dari keuntungan-keuntungan menarik yang akan didapatkan jika berinvestasi emas. Sebelum membahas keuntungan apa saja yang akan anda dapatkan maka ada baiknya jika anda memahami jenis emas yang ada di pasaran serta nilai karat emas agar investasi berjalan lancar sesuai dengan yang anda rencanakan. Seperti yang anda ketahui bahwa emas merupakan salah satu komoditas investasi yang berupa sebuah benda sehingga tentunya mempunyai kelebihannya tersendiri. Kelebihan pertama yang dimiliki emas sebagai komoditas investasi adalah dari segi ketahanannya. Karena emas berbentuk benda padat maka emas tidak mudah mengalami kerusakan misalnya saja jika terjadi sebuah musibah berupa kebakaran atau banjir. Selain itu fluktuasi yang terjadi pada nilai emas dunia tidak memiliki rentang yang ekstrim sehingga masih bisa terkontrol dengan baik. Selain itu anda juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis emas yang hanya terdiri dari satu campuran logam saja. Jenis-jenis emas tersebut adalah emas merah yakni percampuran antara emas murni ditambah tembaga, emas kuning yakni percampuran antara emas murni ditambah perak murni, emas biru yang dihasilkan dari campuran emas murni ditambah besi, dan emas ungu yang merupakan hasil dari percampuran emas murni dan alumunium.
Kemudian nilai karat emas yang paling tertinggi sendiri berada pada 24 karat yang berarti komponen emas tidak memiliki campuran logam apapun. Sedangkan nilai karat emas sendiri berkisar antara 1 karat hingga 24 karat. Oleh karena itu anda harus benar-benar menentukan jenis dan nilai karat emas yang anda inginkan untuk berinvestasi. Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika berinvestasi dengan menggunakan komoditas emas batangan :
• Kestabilan dalam daya beli masyarakat. Hingga saat ini emas tetap menjadi salah satu komoditas utama yang banyak digemari oleh masyarakat. Sehingga perubahan pada harga emas yang bisa terjadi kapan saja ternyata tidak berpengaruh besar terhadap daya beli masyarakat. Pada kenyataannya saat harga emas mengalami penurunan maka animo masyarakat untuk membeli emas justru semakin meningkat.
• Nilai emas bersifat mandiri. Dimana hal tersebut berarti nilai emas sepenuhnya tidak dapat diatur atau dipengaruhi oleh kebijakan pemerintahan suatu negara. Berbeda halnya pada investasi mata uang yang nilainya akan sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dunia, kondisi ekonomi suatu negara, dan kebijakan pemerintah pada satu waktu tertentu. Oleh karena itu investasi emas sangat menguntungkan karena nilainya yang cenderung mengalami kenaikan di setiap tahun.

Melihat keuntungan-keuntungan tersebut tentunya anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk mulai menyisihkan sebagian pendapatan anda guna membeli emas untuk tujuan investasi jangka panjang.

Tutorial Ebook Cara Investasi Emas Aman Untuk Pemula

Tidak dapat dipungkiri jika seiring dengan berkembangnya zaman minat seseorang untuk melakukan kegiatan investasi semakin hari semakin tinggi. Hal tersebut tentunya tak lepas dari kondisi perekonomian dunia yang cenderung mengalami berbagai macam tantangan baru di setiap tahunnya. Dimana situasi tersebut tentunya lebih banyak memberikan dampak negatif bagi perekonomian suatu negara. Sehingga hal tersebut mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan investasi. Meskipun pada kenyataannya para pemula yang baru ingin terjun ke dalam dunia investasi masih sedikit mengalami kebingungan dalam memulai langkahnya atau menentukan komoditas yang cocok untuk dijadikan “bahan investasi”.

Sehingga hal pertama yang harus anda pahami sebelum melakukan kegiatan investasi adalah memahami arti atau hakikat dari investasi itu sendiri. Pada hakikatnya investasi memiliki pengertian sebagai sebuah kegiatan dalam bidang ekonomi dan atau bisnis yang dilakukan dengan cara mengakumulasikan benda tertentu yang diharapkan dapat memberikan keuntungan di masa mendatang.
Saat ini komoditas investasi yang memang paling digemari selain mata uang adalah emas. Karena pada faktanya harga emas tidak pernah mengalami penurunan yang terlalu jauh bahkan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh karena itu menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk membeli emas batangan untuk diinvestasikan adalah rencana investasi yang paling baik bagi pemula saat ini.

Selain itu saat ini sudah tersedia berbagai macam media yang memudahkan setiap orang untuk memulai kegiatan investasi. Salah satu media yang dapat anda manfaatkan adalah ebook yang disediakan secara gratis atau berbayar oleh beberapa platform resmi dalam bidang ekonomi. Pada ebook tersebut anda akan mendapatkan tips dan trik yang aman dalam menjalankan kegiatan investasi yang memanfaatkan komoditas emas. Ebook yang berisikan berbagai macam informasi mengenai teknik investasi emas ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para investor pemula. Sebab salah satu kunci kesuksesan dalam berinvestasi adalah memahami alur investasi dan juga pandai dalam membaca grafik analisis nilai emas dunia. Karena seperti yang anda ketahui bahwa nilai emas dunia akan sangat berpengaruh pada seluruh harga jual atau beli emas di berbagai negara.

Selain memanfaatkan fasilitas ebook yang tersedia anda juga bisa mencoba beberapa teknik investasi emas di bawah ini yang sangat cocok untuk pemula, diantaranya adalah :
• Teknik investasi klasik. Mekanisme investasi teknik ini sangatlah mudah dimana anda bisa membeli emas batangan atau dalam satuan berat tertentu ketika harga emas mengalami penurunan. Kemudian anda bisa menjual emas yang anda miliki ketika harganya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Meskipun terkesan sangat mudah namun anda harus tetap teliti memantau perubahan harga emas agar investasi yang anda lakukan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.
Teknik menabung. Secara umum sebagian besar orang akan menyisihkan sebagian pendapatannya dalam bentuk mata uang untuk ditabung. Namun tentunya hal tersebut sangat beresiko karena mata uang cenderung mudah rusak. Anda bisa mengganti tabungan anda dengan membeli emas batangan setiap bulannya. Sehingga ketika emas yang terkumpul sudah cukup banyak maka anda bisa menjualnya saat harga emas stabil atau mengalami kenaikan.

5 Aplikasi Cek Harga Emas Di Smartphone Android Dan iOS

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang ada di kawasan Asia. Tentunya hal tersebut sangat berdampak positif pada jumlah investor baik investor asing maupun investor lokal yang ada di Indonesia. Dari data yang dapat diakses secara online setiap tahun Indonesia mengalami peningkatan jumlah investor meskipun status negara Indonesia sebagai negara berkembang.
Salah satu komoditas utama yang saat ini dominan dipergunakan dalam kegiatan investasi di Indonesia adalah emas baik emas batangan atau dalam satuan berat tertentu. Tentunya hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa karakteristik yang dimiliki oleh emas itu sendiri. Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini secara umum sebagian besar masyarakat Indonesia dari kelas menengah hingga menengah ke atas telah melakukan kegiatan investasi dasar. Dimana banyak sekali masyarakat yang membeli perhiasan emas kemudian menjualnya kembali saat harga emas mengalami kenaikan. Hal tersebut juga tak lepas dari fungsi emas yang bisa dipergunakan sebagai perhiasan atau mata uang dalam berbagai jenis transaksi besar.

Di Indonesia sendiri dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa saat ini emas lebih disukai sebagai komoditas utama dalam kegiatan investasi. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah hasil penelitian yang dikeluarkan pada bulan Februari tahun 2018. Penelitian yang dilakukan tersebut menganut pada total penjualan emas yang terdapat pada PT. Aneka Tambang Tbk atau Antam pada periode awal tahun 2018. Dari data yang ada tercatat bahwa penjualan emas mengalami peningkatan dan menyentuh angka yang fantastis yakni sekitar 226%. Dimana di awal tahun 2018 penjualan emas mencapai 6.945 kg dari penjualan sebelumnya di angka 2.127 kg.

Salah satu tahapan tepat agar bisa sukses dalam kegiatan investasi emas ini maka anda harus mengetahui harga emas yang ada di pasaran secara realtime. Berikut beberapa aplikasi smartphone baik android atau iOs yang dapat anda manfaatkan untuk memantau harga emas di pasaran :

• Aplikasi Tamasia. Merupakan salah satu aplikasi yang baru saja dirilis pada 11 Oktober 2017 yang dapat dipergunakan oleh android dan iOS. Aplikasi ini bekerja sama dengan PT. Aneka Tambang Tbk sehingga anda dapat mengecek pergerakan harga emas dunia secara realtime dan juga melakukan jual beli emas berbasis syariah. Anda dapat melakukan jual beli emas dari berat 1 gram hingga 1000 gram pada aplikasi ini. Selain itu anda juga bisa bergabung sebagai salah satu reseller emas yang mendapatkan produk langsung dari PT Antam Tbk.

• Aplikasi Kitco. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dapat dipergunakan di hampir semua jenis operating system yang umum dipergunakan saat ini. Aplikasi ini dapat digunakan pada android, iOS, Blackberry, Windows, Mac, dan Linux. Sehingga Kitco dapat anda pergunakan di smartphone atau komputer anda. Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk mengetahui nilai berbagai komoditas investasi seperti mata uang dan emas.

• Aplikasi AntamGold. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melihat berbagai macam pergerakan nilai emas seperti harga emas baik emas batangan atau emas koin, grafik analisis harga, dan lain-lain.

• Aplikasi Investing.com. Merupakan sebuah platform yang saat ini sedang digemari oleh para profesional maupun pemula yang berfokus pada bidang finansial. Platform ini sendiri mulai beroperasi pada tahun 2017 namun saat ini jumlah pengunjung bulanannya telah mencapai 650 juta pengunjung baik akses melalui komputer maupun seluler. Pada platform ini anda dapat menemukan berbagai macam informasi finansial yang penting seperti grafik Forex Interaktif, harga dan obligasi, indeks dan saham, komoditas, valuta asing, dan masih banyak lagi.

• Aplikasi E-mas. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengecek pergerakan harga emas setiap hari serta anda bisa mulai berinvestasi emas hanya dengan modal 10 ribu rupiah saja.

Menabung Emas Sendiri atau Cicilan Emas di Bank, Untung Mana ​ ?

Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini emas menduduki peringkat pertama sebagai komoditas investasi jangka panjang yang paling banyak diminati. Berbagai kalangan masyarakat sudah melakukan praktik investasi emas mulai dari teknik paling mendasar dan sederhana hingga tergabung ke dalam berbagai macam program investasi. Salah satu hal yang perlu anda ketahui bahwa bentuk emas yang anda miliki menentukan seberapa besar keuntungan yang anda dapatkan dalam berinvestasi.

Saat ini sebagian besar masyarakat dengan status ekonomi menengah cenderung memilih untuk membeli emas dalam satuan berat tertentu yang biasanya berbentuk perhiasan. Kemudian mereka akan menjualnya kembali ketika harga emas mengalami kenaikan. Namun sejatinya harga jual emas mengalami sedikit penurunan karena ada beban biaya percetakan sebesar 10%. Tetapi jika anda membeli emas dalam bentuk batangan maka harga jualnya akan lebih tinggi karena tidak ada biaya percetakan yang dibebankan.
Selain itu saat ini juga terdapat berbagai pilihan cara investasi emas diantaranya adalah cara klasik atau tradisional yakni menabung emas secara mandiri atau cara lainnya dengan ikut serta ke dalam program cicilan emas di bank.

Ketika anda menabung emas secara mandiri maka ada beberapa hal yang akan anda dapatkan, diantaranya :
• Segi Harga. Dana yang harus anda siapkan tentunya akan lebih besar sebab anda harus membeli emas batangan dengan harga mulai dari 5.58 juta rupiah. Sehingga tentunya paling tidak anda harus memiliki penghasilan perbulan diatas 15 juta rupiah untuk bisa konsisten dalam investasi.
• Segi Keamanan. Menyimpan benda-benda berharga baik emas atau mata uang dalam brankas pribadi tentunya sangat beresiko dari segi keamanan. Karena berbagai macam situasi bisa membuat anda mengalami kerugian seperti tindakan kriminalitas pencurian, bencana alam atau bencana buatan seperti kebakaran.
Namun ketika anda mengikuti program cicilan emas di bank maka ada beberapa hal yang akan anda dapatkan, diantaranya :
• Segi Harga. Dana yang harus anda persiapkan memangj jauh lebih rendah karena program cicilan yang disediakan biasanya juga terdiri dari beberapa rentang. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan biaya cicilan dengan penghasilan perbulan anda. Namun anda tetap harus bersedia untuk membayar sejumlah biaya tambahan lainnya seperti bunga yang dibebankan oleh bank dimana rata-rata nilai bunga berkisar pada angka 0.75%.
• Segi Keamanan. Tentunya menyimpan benda berharga pada bank akan lebih aman karena bank memiliki standarisasi tempat penyimpanan yang sangat tinggi.
Oleh karena itu bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan investasi pasti maka lebih baik mengikuti program cicilan yang tersedia di bank.

Bank BNI Syariah VS Bank BRI Syariah VS Bank BCA Syariah VS Pegadaian VS ANTAM

Saat ini tersedia berbagai macam program tabungan emas yang disediakan oleh bank maupun lembaga lainnya. Pada bagian ini akan dibahas mengenai karakteristik masing-masing program yang ditawarkan dan program mana yang paling tepat untuk anda yang ingin menabung emas.

• Bank BNI Syariah. Program yang disediakan oleh bank ini dalam hal tabungan emas adalah BNI IB Emas Hasanah. Pada dasarnya program ini bukan merupakan tabungan emas tetapi lebih tepat disebut sebagai kredit emas. Sebab pihak BNI Syariah akan membelikan emas batangan yang anda inginkan kemudian anda harus membayar sejumlah biaya setiap bulannya untuk bisa mendapatkan hak klaim terhadap emas tersebut. Sehingga akad yang dipergunakan sebenarnya adalah akad jual beli bukan menabung.
• Bank BRI Syariah. Program yang disediakan oleh bank ini dalam hal tabungan emas adalah Pembiayaan Kepemilikan Emas. Pada dasarnya mekanisme investasi emas yang ditawarkan oleh bank ini sama dengan BNI Syariah. Namun pilihan pembiayaan yang disediakan lebih bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan ekonomi anda. Akad yang dipergunakan juga akad jual beli dimana bank akan menjual emas batangan 24 karat dari PT. ANTAM dengan ragam berat. Dimana anda harus melakukan cicilan perbulannya. Selain emas batangan maka Bank BRI Syariah juga menyediakan produk emas perhiasan dimana biaya akan disesuaikan dengan pemasok perhiasan yang bekerja sama dengan bank ini. Anda bisa memulai program ini mulai dari berat emas sebesar 5 gram saja.
• Bank BCA Syariah. Pada dasarnya satu hal yang perlu anda pahami bahwa semua program tabungan emas yang disediakan oleh bank sebenarnya menganut sistem KLM atau Kepemilikan Logam Emas. Sehingga mekanisme sistem tabungan emas yang dipergunakan oleh Bank BCA Syariah sebenarnya sama dengan bank lainnya. Penetapan DP hampir sama dengan bank lain yakni sebesar 20% dari pembiayaan yang disepakati.
• Pegadaian. Berbeda halnya dengan bank maka pegadaian benar-benar menjalankan hakikat tabungan emas sehingga lebih mudah dijangkau oleh beragam kalangan masyarakat. Anda dapat memulai program tabungan emas hanya dengan setoran tunai sebesar 5000 rupiah secara berkala. Dimana jumlah uang tersebut akan dikonversikan dalam bentuk satuan berat gram.
Setelah mencapai berat 1 gram maka tabungan emas anda bisa dicairkan. Selain itu biaya tabungan yang dibebankan kepada anda tidak disertai biaya lain-lain seperti pajak atau bunga. Sehingga dana yang anda keluarkan memang murni dipergunakan untuk keperluan tabungan emas.
• ANTAM. Program yang disediakan dinamakan dengan Brankas LM Antam yang memang sedikit berbeda dengan program pegadaian. Pertama, anda hanya dapat membeli emas dalam satuan berat gram. Tetapi memang biaya keanggotaan lebih mahal dibandingkan dengan biaya keanggotaan pegadaian. Sehingga program ini memang lebih cocok bagi kalangan masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas.

Keuntungan Kerugian Berinvestasi atau Menabung Emas di Tokopedia atau Bukalapak

Di era yang serba modern dan mengusung tema digital saat ini tentunya tersedia beragam kemudahan yang dapat anda manfaatkan. Salah satu program yang saat ini sedang banyak digemari adalah program menabung emas secara online melalui platform jual beli seperti Tokopedia atau Bukalapak. Namun sebelum memutuskan untuk mencoba program tersebut, ada baiknya jika anda mengetahui keuntungan yang bisa anda dapatkan atau kerugian yang mungkin saja muncul.

Keuntungan Investasi / Jual Beli Emas di Marketplace Emas Indonesia:
• Biaya sangat terjangkau. Investasi emas online memang sangat digandrungi oleh masyarakat sebab modal yang diperlukan sangat terjangkau. Karena masyarakat bisa mulai berinvestasi hanya dengan 500 rupiah saja pada Tokopedia dan 3000 rupiah pada Bukalapak. Tentunya hal tersebut dapat mendorong setiap elemen masyarakat dari pemuda hingga yang tua untuk berinvestasi.
• Proses jual beli mudah. Selain biaya investasi yang sangat terjangkau anda juga dapat menjual tabungan emas yang anda miliki secara cepat melalui proses jual beli online. Karena saat ini banyak sekali aplikasi jual beli emas online yang bekerja sama dengan Tokopedia atau Bukalapak. Salah satunya adalah aplikasi Orori yang dapat didownload pada Android dan iOS.
• Keamanan terjamin. Karena proses investasi yang anda lakukan secara online maka emas yang anda miliki juga bersifat digital dan tidak dapat dilihat secara fisik. Sehingga keberadaan komoditas investasi anda lebih terjaga.

Kerugian Investasi / Jual Beli Emas di Marketplace Emas Indonesia:
• Bersifat digital. Sebenarnya hampir tidak ada kerugian dari investasi secara online namun bagi beberapa orang emas yang bersifat digital yang hanya berupa keterangan satuan berat atau saldo pada akun mereka sangatlah membuat tidak nyaman dan penasaran. Karena memang saat berinvestasi digital anda tidak dapat melihat emas anda sampai proses pencairan ketika sudah mencapai satuan berat tertentu.
Oleh karena itu sebelum berinvestasi emas maka anda harus memiliki pertimbangan yang benar-benar matang serta pemahaman mendalam terhadap segala macam mekanisme investasi emas saat ini.

 

Segala Macam Informasi Data Grafik harga emas hari ini terbaru untuk  logam mulia antam, logam mulia king halim, logam mulia ubs, perak srh, emas pegadaian.


Data Informasi Harga diatas Berlaku untuk Jual Beli Emas Internasional