Harga Minyak Mentah Tidak Menentu Jelang Pertemuan OPEC

42

SAHAM.NEWS – Merespon laporan bulanan yang baru saja dirilis oleh OPEC, harga minyak dunia ditutup bervariasi pada akhir perdagangan kemarin (12/6). Dilansir dari laporan yang diterbitkan, tercatat bahwa OPEC telah meningkatkan produksi minyak sebesar 35.000 barel per hari sejak Mei. Jika dirata-ratakan, produksi minyak tersebut telah meningkat sebanyak 31,87 juta barel per hari.

Dilansir dari Reuters (13/6), harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate untuk pengiriman bulan Juli tercatat mengalami kenaikan sebesar 15 sen AS ke level 66,25 dollar AS per barel. Sedangkan minyak mentah brent berjangka yang merupakan patokan internasional untuk pengiriman pada bulan Agustus mengalami penurunan sebesar 66 sen ke level 75,80 dollar AS per barel.

Menurut laporan bulanan yang telah dirilis OPEC pada Selasa ini, ada ketidakpastian yang tinggi di pasar minyak global. OPEC dan negara penghasil minyak lainnya termasuk Rusia sudah memangkas produksi minyak sebesar 1,8 juta barel per hari sejak Januari 2017. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan permintaan pasar.

Pergerakan harga minyak yang tidak menentu ini juga mengindikasikan antisipasi para investor jelang pertemuan penting dari negara-negara pengekspor minyak yang tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada pekan depan. Selain itu, penguatan dollar serta pelemahan Euro juga berdampak pada penurunan harga minyak brent.

 

Facebook Comments