Hengkang dari Bisnis E-commerce, XL Axiata Sudah Legowo Kepemilikan XL Planet

Hengkang dari Bisnis E-commerce, XL Axiata Sudah Legowo Kepemilikan XL Planet

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Rencana penjualan seluruh kepemilikan saham PT XL Planet yang sempat dicanangkan PT XL Axiata Tbk (EXCL) pada Agustus lalu akhirnya telah terealisasi. Pada hari ini (28/11), EXCL secara resmi telah melepas 50% saham pada anak perusahaannya tersebut kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd. Pada kesempatan yang sama, SK Planet Global Holdings Pte. Ltd selaku mitra ventura perusahaan juga menjual 50% kepemilikan kepada pihak yang sama.

“Transaksi ini dilakukan untuk memberikan nilai tambah bagi perseroan dimana perseroan akan lebih fokus pada penyediaan layanan telekomunikasi selular, serta dukungan diindustri e-commerce akan tetap dilakukan melalui fitur-fitur digital dilayanan data”, jelas Presiden Direktur EXCL, Dian Siswarini.

Atas transaksi ini, EXCL tidak lagi menjadi pemilik XL Planet dan perjanjian ventura dengan SK Planet Global Holdings Pte. Ltd secara otomatis juga telah berakhir. Transaksi ini disebutkan tidak akan memberikan dampak kepada kegiatan perusahaan perseroan namun dilain sisi akan membawa perbaikan terhadap kondisi keuangan dan profitibilitas perseroan. Namun, sayangnya perusahaan tidak menjelaskan lebih rinci mengenai nilai penjualan yang diperoleh dalam transaksi itu.

Tri Wahyuningsih selaku Corporate Communication PT XL Axiata menyatakan bahwa hengkangnya EXCL dari perusahaan e-commerce tersebut akan memberikan dampak langsung terhadap neraca keuangan XL. Alokasi dana yang sebelumnya untuk XL Planet pun akan digunakan untuk operasional perusahaan.

Ayu juga memaparkan bahwa saat ini bisnis e-commerce sangatlah ketat dengan banyak pesaing baru yang bermunculan. EXCL dan SK Planet tercatat telah mengucurkan dana investasi dengan total US$110 selama empat tahun menjadi pemegang saham perusahaan yang lebih dikenal dengan Elevenia itu. Namun kedepan, investasi yang besar terus dibutuhkan apalagi ditengah ketatnya persaingan, sehingga EXCL memutuskan untuk menyerah. Saat ini secara tidak langsung, Elevenia dimiliki oleh grup Salim.

 

Facebook Comments