Hengkang dari Bisnis Keramik, MLIA Jual Anak Usaha

133

SAHAM.NEWS, JAKARTA –  PT Mulia Industrindo Tbk (MLIA) mengakhiri bisnis keramik dengan melepas kepemilikan PT Muliakeramik Indahraya kepada PT Eka Gunatama Mandiri senilai Rp425 miliar. Pelepasan bisnis keramik ini tercatat dalam keterbukaan informasi di BEI Jakarta pada hari Rabu 25 Oktober 2017.

MLIA menjelaskan bahwa per tanggal 23 Oktober 2017, perseroan telah menandatangani akta pelepasan 99,9% saham di Muliakeramik kepada Eka Gunatama. Eka Gunatama masih terafiliasi dengan MLIA dikarenakan PT Eka Gunatama mandiri merupakan pemegang saham utama MLIA dengan kepemilikan sebesar 43,11%.

Saat ini tren pelemahan industri properti tengah melanda dan juga memberikan berdampak pada industri turunannya, salah satunya yaitu industri keramik. Kapasitas industri keramik nasional tahun lalu diperkirakan berkisar di 570 juta m2, sedangkan realisasi penyerapan hanya menapai 350 juta m2. Hal ini membuktikan rendahnya penyerapan industri keramik nasional dari total kapasitas produksi nasional.

“Keadaan dimana kapasitas industri keramik yang melebihi permintaan menyebabkan keuangan perusahaan menjadi negatif,” jelas manajemen MLIA.

Dengan dinvestasi ini, MLIA mengharapkan dapat meraup dana segar untuk memperbaiki keuangan perseroan. Kerugian yang diderita oleh Perseroan sebesar Rp82,1 miliar pada semester pertama tahun ini berbanding terbalik dengan tahun lalu yang mengalami laba sekitar Rp65,4 miliar. Meskipun pada periode yang sama, pendapatan perseroan mengalami peningkatan tipis dari Rp2,9 triliun menjadi Rp3 triliun. Beban pokok penjualan meningkat dari Rp2,3 triliun pada paruh pertama tahun lalu menjadi Rp2,5 triliun pada semester I/2017.

Saat ini, MLIA lebih akan memfokuskan pada entitas anak usaha yaitu PT Muliaglass dikarenakan pertumbuhannya yang lebih stabil. Selain itu MLIA juga akan fokus pada perdagangan dan industri kaca seperti lembaran kaca, botol kemasan, glass block, dan kaca pengaman otomotif

Akibat dari dinvestasi ini, diperkirakan aset perusahaan akan mengalami penurunan sebesar 40%.

Leave a Reply