Intikeramik Alamasri Segera Realisasikan Ekspansi Properti di Bali dan Medan

SAHAM.NEWS, JAKARTA – Pada tahun 2018 mendatang, PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) tampaknya akan melakukan beberapa rencana ekspansi di bidang properti. Rencananya, emiten keramik tersebut hendak membangun hotel dan villa di dua kota, yaitu Bali dan Medan. Untuk memuluskan rencana ini, IKAI akan melakukan akuisisi aset dan lahan milik beberapa perusahaan properti.

Proyek pembangunan di Bali akan dilaksanakan di daerah Ubud. Proyek tersebut mencakup pembangunan villa mewah di lahan seluas 69.000 m2 dan hotel di tanah seluas 29.00 m2. Investasi yang akan dikeluarkan adalah masing-masing sebesar Rp817 miliar dan Rp347 miliar untuk masing-masing villa dan hotel tersebut.

Sementara itu, untuk proyek perhotelan di Medan, IKAI mengeluarkan dana investasi yang lebih sedikit sebesar Rp68,4 miliar. Hal tersebut dikarenakan konsep hotel yang hendak dibangun merupakan budget hotel.

Mengenai dana, perusahaan memilik untuk menerbitkan saham baru lewat Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue. Pelaksanaan aksi korporasi ini ditargetkan dapat terlaksana pada tahun depan untuk membiayai akuisisi aset dan lahan. Total dana yang dibidik dalam perhelatan tersebut adalah sebesar Rp150 miliar.

Meskipun bidang properti bukanlah termasuk bisnis utama perseroan, Presiden Komisaris IKAI, Setiawan Widjojo, menegaskan bahwa ekspansi ini tidak akan menyebabkan penjualan keramik perseroan dinomorduakan. Proyek ini justru malah akan memberikan benefit bagi perusahaan karena akan menjadi lahan penyerapan baru untuk produk keramik IKAI, yaitu Essenza.

 

Rekomendasi Saham Pilihan Gratis & Berita Saham Terbaru langsung ke hp anda: Ikuti Official Telegram Channel Saham.news & Official Telegram Grup Analis Saham.news